Rahasia Tersembunyi Tiga Agensi Terbesar K-Pop Kantor agensi SM Entertainment (Foto: SM Entertainment)

TIGA agensi besar Korea yakni SM Entertainment, YG Entertainment dan JYP Entertainment selalu menjadi magnet. Publik penasaran bagaimana ketiga agensi tersebut mampu membentuk individu dari yang bukan siapa-siapa menjadi entertainer kelas dunia.

Baca juga:

Cara Tembus Agensi Terbesar K-pop Kalau Enggak Punya Bakat Menari dan Cuma Bisa Sikap Lilin

Telah menjadi budaya selama bertahun-tahun, kini semakin banyak mantan trainee dari ketiga agensi terbesar K-Pop mengungkapkan beberapa informasi mengejutkan tentang agensi tersebut. Berikut beberapa di antaranya:

1. Sistem Pelatihan YG Entertainment

Rahasia Tersembunyi Tiga Agensi Terbesar K-Pop
Pendiri YG Entertainment, Yang Hyun-suk (Foto: Allkpop)

Artis solo MAYDONI pernah menjadi trainee di YG Entertainment. Selama berada di sana dia menganggap lingkungan di agensi tersebut cukup 'beracun'. Para trainee didorong untuk menjadi saingan dan bukan teman.

Ada juga momen saat dia berusia 16 tahun, ketika ia harus tinggal dengan beberapa artis senior di sebuah hotel. Saat berada di hotel, banyak artis seniornya mulai minum di depannya meskipun dia masih di bawah umur.

"Saya berharap kamu sudah bisa tumbuh dewasa sehingga kamu bisa pergi dugem bersama kami," ujar MAYDONI mengenang momen tersebut.

2. Ketatnya SM Entertainment

Rahasia Tersembunyi Tiga Agensi Terbesar K-Pop
Pendiri SM Entertainment, Lee Soo-man (Foto: SM Entertainment)

Menjadi salah satu agensi terbesar di K-Pop, banyak yang akan berasumsi bahwa SM Entertainment akan ketat pada trainee mereka.

Tetapi mantan trainee SM Entertainment mengungkapkan bahwa perusahaan yang dibentuk Lee Soo-man tersebut jauh lebih ketat daripada yang dipikirkan orang banyak.

Dia berbagi bahwa jika seorang trainee membuat kesalahan, mereka harus menuliskan kesalahan mereka, dan tidak diizinkan untuk berlatih sampai mereka menyatakan kesalahan mereka.

"Jika kamu melakukan kesalahan, kamu harus menulis tentang kesalahan yang kamu lakukan. Kamu tidak akan diizinkan untuk berlatih sampai dapat dengan jelas menyatakan kesalahan yang kamu lakukan," ungkapnya.

Baca juga:

Ketatnya Aturan Berat Badan Ala Tiga Agensi Besar Industri K-Pop

Mantan trainee di SM Entertainment tersebut, berbicara tentang metode gila yang digunakan agensi itu untuk membantu trainee meningkatkan keterampilan mereka.

"Jika kamu tidak menunjukkan kemajuan tetapi kamu cantik, mereka memintamu menahan napas di dalam air selama lima menit atau menekan bola basket di perutmu saat kamu bernapas," bebernya.

3. Aturan unik JYP Entertainment selama evaluasi bulanan

Rahasia Tersembunyi Tiga Agensi Terbesar K-Pop
Pendiri JYP Entertainment, Park Jin young (Foto: Newsen)

Mantan anggota MADTOWN H.O pernah menjadi trainee di JYP Entertainment. Ia berbagi bahwa JYP Entertainment memiliki aturan unik dalam evaluasi bulanan.

Ia mengungkap bahwa trainee di JYP Entertainment, tidak diizinkan menyanyikan lagu berbahasa Korea selama evaluasi bulanan.

"Di JYP, kamu tidak dapat menyanyikan lagu Korea pada evaluasi bulanan. Jika kamu bertanya kepada pelatih vokal, 'guru, bolehkah saya menyanyikan lagu Korea?' Maka kamu akan mendapat tamparan di punggung dan langsung diberi tahu 'tidak'. Kamu harus menyanyi lagu Pop (Inggris)," urainya.

"Aku tidak tahu alasannya. Bahkan sampai hari ini, saya masih tidak tahu mengapa kamu tidak bisa menyanyikan lagu Korea di evaluasi bulanan JYP," lanjutnya. (avia)

Baca juga:

Hobi Unik dan Nyeleneh Idola K-pop



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH