Teknologi

Rahasia Sering Bocor, Apple Tindak Tegas Leaker Asal Tiongkok

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Selasa, 29 Juni 2021
Rahasia Sering Bocor, Apple Tindak Tegas Leaker Asal Tiongkok
Apple Tindak tegas leaker asal Tiongkok yang kerap membocorkan rahasia. (Foto: pixabay/pexels)

APPLE merupakan salah satu brand ponsel paling tersohor di dunia. Jadi, tak heran bila setiap tahunnya ada saja bocoran sesuatu yang baru tentang iPhone yang telah beredar sebelum peluncuran resminya.

Setelah bertahun-tahun mengalami 'kebocoran', Apple rupanya tak tinggal diam, pihak Apple merasa geram dengan aksi leaker yang membocorkan iPhone sebelumnya waktunya.

Baca Juga:

Google akan Buat Pesaing 'Find My' Apple

Apple geram karena aksi leaker yang kerap membocorkan rahasia perusahaan. (Foto: pixabay/3005398)

Kabarnya Leaker tersebut merupakan seseorang asal Tiongkok yang dikenal dengan nama Kang. Baru-baru ini, Kang dikabarkan mendapat surat peringatan dari firma hukum yang mewakili Apple.

Menariknya, tidak hanya Kang seorang, karena sejumlah leaker lain juga mendapat surat peringatan dari pihak Apple.

Seperti yang dilansir dari laman The Verge, Kang merupakan salah satu leaker atau pembocor rumor iPhone teratas pada daftar AppleTrack. Apple Track merupakan situs yang mencoba membandingkan akurasi rumor yang dibagikan oleh leaker. Kang berada pada peringkat pertama dengan tingkat akurasi mencapai 97,1 persen.

Pada beberapa tahun terakhir ini, Kang berhasil memberikan bocoran tentang produk serta software Apple. Hal itu menjadi perhatian para warganet, karena sebagian besar informasi yang diberikan akurat.

Seperti halnya sebelum iPhone 12 diluncurkan, Kang sudah mengunggah beberapa informasi terkait ponsel tersebut. Dari mulai tentang harga, warna, hingga jadwal peluncurannya lebih dulu dibanding pengumuman resmi Apple.

Selain iPhone 12, Kang pun membagikan informasi akurat soal iPhone SE 2020, Apple Watch SE, iPad 8, Apple Watch Series 6, iPad Air 4, hingga HomePod mini sebelum produk tersebut diluncurkan.

Pada unggahannya di media sosial Weibo, Kang menjelaskan dia diperingatkan untuk tidak lagi menyebarkan bocoran produk Apple karena bisa dimanfaatkan oleh kompetitor, atau membuat konsumen bingung bila bocorannya tidak akurat.

Pada surat tersebut, terlampir pula screenshot dari halaman Weibo Kang sebagai barang bukti. Tapi bukan sekadar informasi tentang informasi bocoran apple, melainkan keluhannya terhadap produk Apple.

Baca Juga:

Apple Akan Hadirkan Headset AR di 2022?

Leaker asal Tiongkok mengaku tidak akan membagikan bocoran tentang produk Apple lagi. (Foto: ubergizmo)

Kabarnya Kang mengklaim dia tak pernah menandatangani perjanjian kerahasiaan, merilis foto rahasia hingga mengambil keuntungan dari informasi bocoran yang dibagikan olehnya. Kang juga menjelaskan para leaker serta blogger lain untuk berhati-hati dalam membagikan rumor produk baru ke publik.

Rupanya ini bukan kali pertama Apple melayangkan peringatan untuk leaker iPhone. Leaker serta kreator konten Ben Geskin mengaku menerima peringatan yang sama pada tahun lalu.

Setelah diperingati, kabarnya kang mengaku tak akan membagikan bocoran atau segala hal tentang produk Apple. Dia juga akan menghapus sejumlah postingan dan lebih berhati-hati ketika membicarakan tentang produk di media sosial. (ryn)

Baca Juga:

Apple FaceTime Akan Hadir di Android dan Windows?

#Apple #IPhone
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan