Ramadan 2022

Rahasia Segar Seharian Saat Puasa

Iftinavia PradinantiaIftinavia Pradinantia - Kamis, 07 April 2022
Rahasia Segar Seharian Saat Puasa
Segar seharian saat puasa (Foto: Pexels/Rodnar Production)

PUASA selama bulan Ramadan menjadi ajang untuk melatih mental dan fisik. Orang-orang punya pendekatan berbeda dalam mempersiapkan pikiran dan tubuh saat sedang berpuasa.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu umat Islam menyesuaikan diri dengan puasa sehari-hari:

Baca Juga:

Jumlah Waktu Berpuasa yang Berbeda di Berbagai Belahan Bumi


Tetap terhidrasi

hidrasi
Minum air putih walau sedang tidak haus (Foto: Pexels/cats of coming)

Pastikan tubuhmu tetap terhidrasi dan beri asupan cairan beberapa kali sepanjang malam. Bahkan saat kamu tidak merasa terlalu haus, tetap minum. Pilih cairan yang tidak mengandung kafein, karena minuman berkafein dapat menyebabkan dehidrasi. Ingat, berbuka puasa saat buka puasa dengan air berarti memastikan bahwa kamu mendapatkan sumber hidrasi terbaik ke dalam tubuh sebelum terganggu dengan makanan.

Tapi, berhati-hatilah. Jangan minum terlalu banyak sekaligus. Mencoba minum beberapa LITER sekaligus dapat mengencerkan elektrolit tubuh. iNI menyebabkan kondisi yang berpotensi fatal yang disebut keracunan air.

Variatif

makan
Menu variatif (Foto: Pexels/Polina Tankilevitch)

Makanlah berbagai jenis makanan di malam hari. Tubuh membutuhkan nutrisi yang baik untuk mengimbangi stres saat puasa. Biji-bijian utuh, sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, lemak sehat (avokad, minyak zaitun atau kacang-kacangan) semua ini penting untuk memberi tubuh semua nutrisi yang dibutuhkan.


Ukuran porsi itu penting

prosi
Jangan kalap saat berbuka (Foto: Pexels/Avichal Lochi)

Tubuh membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menyadari bahwa ia sudah cukup makan. Jadi jangan berlebihan dengan makan saat berbuka puasa. Makan dengan penuh perhatian dan dengarkan tubuh. Ketika rasa lapar, terpuaskan ini akan mengurangi stres pada tubuh dan memberimu lebih banyak energi daripada makan dalam jumlah besar sekaligus.

Terus bergerak

bergerak
Tetap aktif (Foto: Pexels/cottonbro)

Meskipun puasa dapat melelahkan secara fisik, cobalah untuk tidak sepenuhnya duduk. Jika kamu biasanya berolahraga di pagi hari, lihat bagaimana reaksi tubuh jika kamu beralih olahraga ke malam hari setelah berbuka puasa. Olahraga berat bukanlah ide yang baik di siang hari karena kamu dapat dengan cepat mengalami dehidrasi. Pikirkan olahraga yang sederhana dan minim usaha seperti jalan santai atau lakukan gerakan peregangan. Itu bisa sangat membantumu menjaga energi sepanjang hari.

Baca Juga:

Fakta-Fakta Puasa Muslim Islandia selama 22 Jam

Sukses sahur

sahur
Sahur dengan karbohidrat kompleks (Foto: Pexels/jeshoots)

Konsumsi makanan dengan gizi seimbang saat sahur membantu gula darah tetap stabil. Hal tersebut bisa memberi tubuhmmu energi yang baik. Dalam media briefing Amankah Puasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui, dr. Muhammad Fadli, SpOG menjelaskan bahwa karbohidrat kompleks adalah jenis makanan yang tepat dikonsumsi saat sahur.

"Makanan karbohidrat kompleks itu rilis energi perlahan-lahan. Dampaknya, kita kenyang lebih lama," tuturnya.

Beberapa karbohidrat kompleks yang bisa jadi pilihanmu misalnya, sereal gandum utuh. roti gandum utuh, beras merah atau oatmeal. Selain karbohidrat kompleks, makanan yang baik dikonsumsi saat sahur untuk melengkapi karbohidrat kompleks yakni protein dan lemak sehat.

Coba kombinasi mudah ini saat sahur yang terdiri dari oatmeal dibuat dengan susu rendah lemak dan diberi topping buah dan kacang, sup sayuran dan sepotong roti gandum utuh, atau roti gandum, telur rebus serta buah.
.

Percayai kerja tubuh

tubuh
Ikuti cara kerja tubuh (Foto: Pexels/Jack Sparrow)

Setiap individu punya cara makan yang berbeda. Jika kamu menemukan masalah selama puasa saat melakukan tips ini , bicarakan dengan ahli gizi atau penyedia layanan kesehatan lainnya untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik berdasarkan kondisi tubuhmu.

Rayakan!

rayakan
Rayakan dengan suka cita (Foto: Pexels/Padli Pradana)

Ini adalah bulan yang paling menggembirakan tahun ini bagi umat muslim! Nikmati makan bersama orang terkasih, latih niat baik, dan bersabarlah dengan tubuhmu dan orang lain. (avia)

Baca Juga:

Kenali Ciri 'Si Pura-Pura Puasa' di Tongkrongan

#Lipsus April Puasa #Puasa #Tips Puasa
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan