Kecantikan

Rahasia Rambut Sehat dan Bebas dari Kerusakan

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Rabu, 29 November 2023
Rahasia Rambut Sehat dan Bebas dari Kerusakan
Rahasia membuat rambut tetap sehat. (Foto: Unsplash/Ali Pazani)

UPAYA mendapatkan rambut sehat nan berkilau tak pernah mudah. Sering kali tantangan datang menerpa: stres, panas, dan salah memilih asupan makanan. Kondisi itu kerap berujung pada kerusakan rambut.

Mengupayakan rambut sehat dapat dimulai dari mencegah kerusakan pada rambut. Karena itulah, faktor penyebab kerusakan perlu diketahui.

Menurut Healthline, nutrisi tertentu seperti seng, zat besi, dan asam folat memainkan peran penting dalam mencegah kerusakan dan mendorong pertumbuhan rambut. Protein dan antioksidan ditemukan dalam makanan nabati. Sedangkan vitamin penting untuk menjaga rambut bebas dari kerusakan.

Stres, musuh yang umum terjadi dalam hidup kita, berkorelasi erat dengan kerontokan dan kerusakan rambut. Telogen effluvium, sejenis alopecia yang disebabkan oleh stres, dapat membuat folikel tidak aktif sehingga menyebabkan kerusakan selama siklus pertumbuhan rambut.

Baca juga:

Teknik Alami Menghalau Kerontokan Rambut

Kerusakan dapat terjadi dari penggunaan alat penata rambut yang panas. (Foto: Pexels/Polina Tankilevitch)
Kerusakan dapat terjadi karena menggunakan alat penata rambut yang panas. (Foto: Pexels/Polina Tankilevitch)

Kekeringan, yang diperburuk oleh faktor-faktor seperti cuaca kering dan panas yang berlebihan, adalah penyebab kerusakan lainnya.

Menggunakan air hangat, bukan air panas, saat mencuci rambut dapat menghindari kekeringan lebih lanjut. Masker rambut dan kondisioner yang digunakan tanpa perlu membilas juga menawarkan solusi mengatasi kekeringan.

Kerusakan akibat panas dari alat penata rambut adalah tantangan yang terkenal. Mengutip laman WomensHealthMag, seorang dokter kulit bersertifikat, Ramya Garlapati, menjelaskan bahwa kondisi tersebut bisa diwariskan atau, yang lebih umum, disebabkan oleh trauma fisik dan kimiawi pada rambut.

Para ahli merekomendasikan untuk mengistirahatkan rambut dari alat penata rambut setiap minggu dan menggunakan semprotan pelindung panas untuk meminimalisasi kerusakan.

Pemrosesan yang berlebihan, pencucian yang kelewat kerap, pengeringan handuk yang tidak tepat, dan bahkan ikat rambut yang elastis, berkontribusi pada kerusakan. Frekuensi pemangkasan rambut, meskipun terlihat berlawanan dengan keinginanmu, ditekankan sebagai tindakan pencegahan dari rambut bercabang.

Baca juga:

Ini nih Cara Bikin Rambut Wangi Seharian

Gunakan sampo yang lembut, diikuti dengan pemakaian masker untuk mendapatkan hasil yang maksimal. (Foto: Pexels/Cottonbro Studio)
Gunakan sampo yang lembut, diikuti dengan pemakaian masker untuk mendapatkan hasil yang maksimal. (Foto: Pexels/Cottonbro Studio)

Kondisi kesehatan seperti hipotiroidisme dan gangguan makan juga dapat memengaruhi kesehatan rambut. Mencari saran profesional untuk masalah-masalah seperti kerusakan dan kerontokan rambut sangatlah penting, terutama saat ada gejala seperti letih, capek, dan berat badan yang naik secara tiba-tiba.

Singkatnya, menjaga kesehatan rambut melibatkan pendekatan holistik, termasuk diet padat nutrisi, rutinitas perawatan rambut yang tepat, dan kesadaran akan kondisi kesehatan potensial yang mempengaruhi rambut.

Kabar baiknya, mengatasi faktor-faktor ini dapat membuka jalan untuk mendapatkan rambut yang lebih sehat dan kuat.

"Gunakan sampo yang lembut dan bebas sulfat, karena sulfat dapat menghilangkan minyak alami rambut dan menyebabkan kerusakan rambut lebih lanjut," kata Garlapati.

Jika kondisi rambutmu rusak, menggunakan kandungan tersebut dan menerapkan deep conditioning atau masker tanpa bilas, karena dapat membantu mengembalikan menyehatkan rambut kembali. (nda)

Baca juga:

Rambut Sehat dengan Kafein

#Perawatan Rambut #Tips Perawatan Rambut #Kecantikan
Bagikan
Bagikan