Liburan ke Eropa dengan Bujet Rasional, ini Triknya Kastil Neuschwanstein (Foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

TRAVELING kini telah menjadi gaya hidup di kalangan milenial. Bagi mereka, traveling dapat memperbanyak pengalaman, memperkaya diri akan cerita dan memperluas perspektif. Pilihan destinasinya pun kini beragam.

Milennials cenderung mencari tempat antimainstream untuk dieksplorasi. Tak sedikit pula yang memilih melancong ke luar negeri.

Jika melancong ke luar negeri, mayoritas orang memilih negara Asia. Alasannya, selain budaya yang tidak terlalu jauh berbeda, harganya pun lebih terjangkau ketimbang liburan di Eropa ataupun Amerika.

Banyak orang yang enggan berlibur ke Eropa karena menganggap anggaran yang diperlukan untuk liburan di Eropa sangat besar. Padahal jika cermat, liburan di Eropa bisa hemat. Berikut cara liburan di Eropa tanpa menguras kantong.

1. Buat Perencanaan

Menabung
Rencanakan anggaran liburan jauh-jauh hari.(Foto: Pixabay/jarmoluk)

Buatlah anggaran dana untuk perjalanan jauh sebelum kamu mulai naik pesawat untuk berpetualang. Anggaran tersebut meliputi biaya akomodasi per malam, transportasi, makanan sehari-hari, hingga uang untuk jalan-jalan.

Catat semua perkiraan pengeluaran dengan detail. Siapkan juga dana darurat untuk berjaga-jaga selama di sana. Setelah mengetahui jumlah total yang kamu butuhkan, tetapkan tujuan penghematan yang jelas dan tenggat uang ketat untuk mencapainya.

Jika menabung menjadi sesuatu yang kamu perlukan, beri pengertian kepada orang-orang di sekitarmu untuk mendukung rencanamu tersebut.

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH