Rahasia Hidup Panjang ala Dokter Hinohara Rata-rata usia warga Jepang lebih panjang. (Foto: culturewhiz)

PRIA dan wanita Jepang memiliki tingkat kualitas hidup tertinggi di dunia. Kualitas dan tingkat harapan hidup warga Jepang sangat tinggi. Hal tersebut membuat mereka memiliki umur panjang. Rata-rata orang Jepang hidup hingga 83,7 tahun. Mereka begitu memperhatikan kesehatan jiwa dan raga.

Salah satu dokter Jepang, Shigeaki Hinohara merupakan sosok yang cukup berjasa dalam dunia kesehatan di Jepang. Semasa hidupnya, pria yang meninggal di usia 105 tahun tersebut aktif dalam dunia medis. Bahkan beberapa bulan sebelum wafat, ia masih aktif membuka praktik.

Ia kerap diundang untuk membagikan tips gaya hidup agar memiliki umur panjang. Salah satu ritual yang bisa dilakukan agar memiliki umur panjang adalah rajin minum jus jeruk dicampur minyak zaitun setiap pagi. Berikut tips panjang umur dan memiliki hidup berkualitas ala Dokter Hinohara:

shigaeiki hinohara
Dokter Shigeaki Hinohara. (Foto: Yuk Bagikan)

1. Energi yang Utama Berasal dari Perasaan Yang Baik

Anak-anak sering bersenang-senang sampai lupa makan atau tidur. Herannya, mereka jarang mengalami gangguan kesehatan. Kita harus meniru anak-anak dengan mengurangi aturan seperti waktu makan dan waktu tidur. Have more fun!

2. Jangan Kelebihan Berat Badan

Selama hidupnya, Dokter Hinohara selalu berhati-hati dengan apa yang dikonsumsinya. Ketika sarapan, ia mengonsumsi kopi dan susu, jus jeruk yang dicampur minyak zaitun.ditinya percaya, minyak zaitun bagus untuk pembuluh darah dan kesehatan kulit. Menu makan siangnya adalah susu dan beberapa kue. Jika sedang sibuk ia tak mengonsumsi makanan apapun. Untuk makan malam, ia memilih sayuran, ikan dan nasi. Seminggu dua kali, ia “menghadiahkan” dirinya 100 gram daging.

3. Selalu Buat Rencana ke Depan

Sebagai tokoh terkenal, kegiatan Dokter Hinohara sangat padat. Mulai dari ceramah, kerja di rumah sakit, dan pertemuan-pertemuan lainnya. Ia selalu membuat jadwalnya selama setahun ke depan. Sesekali ia menambahkan kegiatan menyenangkan untuk menghibur dirinya. Dirinya bahkan berencana menghadiri Olimpiade Tokyo tahun 2020.

hinohara
Hinohara selalu makan ikan. 9Foto: Pexels/Isabella Mendes)

4. Anda Tak Harus Pensiun

Menjelang usia 50 tahun, beberapa orang berpikir untuk pensiun. Menurut Dokter Hinohara, kita tak perlu merencanakan sedini mungkin. “Jika ingin pensiun, lakukanlah saat usia lebih tua. Bukan di usia 65 tahun,” ucapnya.

5. Berbagilah Apa yang Anda Ketahui

Selama setahun, Dokter Hinohara telah memberikan 150 kuliah. Di antaranya ia berbagi dengan anak-anak SD dan komunitas bisnis. Di usianya yang sudah lebih dari 100 tahu, ia mampu berdiri sampai 90 menit. Dia percaya, berdiri membuatnya kuat.

6. Jangan Percaya Semua yang Dianjurkan Dokter Anda

Dokter tak bisa menyembuhkan semua orang. “Tanyakan, apakah dokter anda akan menyarankan prosedur yang ia sarankan kepada orang yang mereka cintai? Mengapa harus menyebabkan rasa sakit dan penderitaan yang tidak perlu bagi pasien?” ujarnya saat mengisi seminar di sebuah sekolah di Tokyo.

hinohara
Hinohara selalu menyarankan menggunakan tangga ketimbang lift. (Foto: Pexels/Min An)

7. Tangga dan Bawa Barang Sendiri

Dengan berjalan dan membawa barang, akan membentuk otot di kaki dan paha.

8. Rasa Sakit itu Misterius

Salah satu cara menyembuhkan sakit yang kita alami yakni dengan melupakan rasa sakit tersebut. jika anak kecil sedang sakit gigi, ajaklah bermain maka mereka akan lupa dengan rasa sakitnya. Hal tersebut juga harus dilakukan oleh orang dewasa. Di Rumah Sakit tempat Dokter Hinohara praktik bahkan ada terapi music dan kelas seni.

9. Hidup Lama itu Sangat Menyenangkan

Usia tua bukan berarti kita tak bisa produktif. Ia menyarankan kita untuk tetap berusaha melayani masyarakat meski sudah berusia lanjut. Ketika pensiun pada usia 65 tahun, ia bekerja sebagai relawan. Dirinya masih aktif 18 jam sehari, 7 hari seminggu dan ia menikmati setiap menit yang ia lalui. (avia)

Kredit : iftinavia


Paksi Suryo Raharjo