Investment Planning Sangat Penting, Jangan Mikir Cuan Saja

Iftinavia PradinantiaIftinavia Pradinantia - Sabtu, 04 Desember 2021
Investment Planning Sangat Penting, Jangan Mikir Cuan Saja
Perlunya mencari informasi dan pengetahuan tentang investasi. (Foto: Pexels/Pixabay)

KESADARAN masyarakat pada literasi keuangan dari tahun ke tahun terus meningkat. Bukan hanya menyimpan uang dalam bentuk tabungan. Beberapa di antara mereka 'memutar' uangnya melalui investasi. Seperti investasi pada saham hingga kripto.

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa investor saham didominasi oleh kaum adam. Namun ternyata, banyak perempuan yang juga aktif menjadi trader. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang juga piawai dalam perencanaan investasi.

Baca Juga:

Psikologi Penting dari Uang

Kripto
Investment planning itu sangatlah penting. (Foto: Unsplash/Mufid Majnun)

Perencana Keuangan Bersertifikat, Aline Wiratmaja menegaskan yang paling penting adalah investment planning. Salah satu tips yang ia bagikan dalam memilih instrumen investasi adalah jangan nekat terjun ke suatu instrumen tanpa memiliki perencanaan matang. "Minimal kita harus mengerti terkait dasar-dasar analisa teknikal dan harus mengerti fundamental dari aset yang di-hold," tegas Aline.

Dia mewanti-wanti bahwa investment planning itu penting banget. Jangan all in all out di satu instrumen yang berisiko, ataupun loncat langsung investasi tapi kedodoran fundamental atau dasarnya.

"Ingat emergency fund (dana darurat). Kemudian proteksi jangan lupa. Dan namanya investasi itu jangan mau enaknya aja, enggak mau susahnya. Mau cuannya doang enggak mau belajarnya. Begitu kena fluktuasi harga panik. Kita harus punya ‘kekaleman’ di tengah-tengah misalnya volatilitas," urainya.

Dia menegaskan, saat berinvestasi, kita harus mengerti dasar-dasar analisa teknikal dari instrumen investasi yang kita pilih. "Kita harus mengerti fundamental dari aset yang kita hold gitu. Mindset-nya juga penting, dan yang tak kalah penting itu money management biar enggak kedodoran. Kuncinya itu sustainability, jadi bukan cuma cuan sesaat. Kita mau cuan yang jangka panjang juga yang bisa mengantarkan ke tujuan finansial kita,” tutur Aline.

Sepakat dengan Aline, Zabrina Raissa, Crypto & Stock Enthusiast, mengatakan bahwa investment planning sangat penting karena itu balik lagi ke target yang kita tuju di awal investasi. Investment planning sangat penting karena itu balik lagi ke goals yang kita tuju di awal. Kalau dikaitkan dengan dividen di saham juga kira-kira saham apa yang secara company-nya bagus, jadi secara konsisten bisa memberikan deviden yang bagus," ujar Zabrina.

Baca Juga:

Seberapa Banyak Uang yang Dibutuhkan Untuk Membuatmu Bahagia?

invest
Mata uang kripto yang menjadi salah satu instrumen investasi. (Foto: Pexels/Worldspectrum)


Sementara menurut Sarah Alana Gibson, kunci utama investasi yakni selalu mencari terus pengetahuan dan menambah wawasan. "Enggak semua instrumen investasi itu cocok bagi semua orang. Jadi enggak salah buat kita, perempuan untuk selalu menambah pengetahuan. Jadi memang mesti up to date terus. Dan disesuaikan juga investasi mana yang sesuai sama kita,” kata Sarah, saat sesi webinar Women & Financial Wellness.

Senada dengan Sarah, Annisa Aviciena Mareizky, sebagai Female Crypto Enthusiast, menyebutkan kunci investasi bagi perempuan antara lain harus punya rasa haus akan pengetahuan. "Lebih baik lagi, kita sebagai perempuan masuk ke komunitas yang memiliki interest yang sama, yang bisa sharing knowledge," jelasnya.

Ia juga menolak keras anggapan dominasi trading oleh kaum laki-laki. Dirinya menegaskan bahwa investasi, terkhusus di kripto tidak terpengaruh gender. Perempuan, kini memiliki hak yang sama terkait hal itu. “Investasi itu enggak melihat gender. Kita punya hak sama terkait itu dengan pria. Apalagi sekarang udah banyak banget sumber-sumber informasi, konten-konten terkait investasi, yang baik pria atau wanita itu bisa mengaksesnya. Yang pasti kunci investasi bagi wanita harus haus akan pengetahuan,” tegasnya. (avia)

Baca Juga:

Uang Kripto Bukan Hanya Bitcoin, Kenali 11 Lainnya

#Investasi #Kripto #Harga Saham #Indeks Saham
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan