Rahasia Chef Kapal Pesiar Menjaga Buah dan Sayuran Selalu Segar Para Chef ini membagikan tips menyimpan sayuran dan buah agar tetap fresh (Foto: Pexels/Tirachard Kumtanom)

DI masa pandemi kebiasaan belanja makanan harus berubah. Kamu harus mengurangi intensitas pergi ke supermarket atau pasar. Sekalinya belanja kamu harus membeli banyak stock bahan makanan seperti sayuran dan buah-buahan. Ya, ujung-ujungnya kulkas kamu akan selalu penuh dalam waktu lama.

Namun, jika kamu tidak tahu caranya, buah dan sayuran yang kamu simpan dalam waktu lama bisa tidak segar. Nah bagaimana sih supaya buah dan sayuran yang kamu simpan di dalam kulkas selalu dalam keadaan segar? Kamu harus ikuti saran chef kapal pesiar ini.

Baca juga:

Kue Manis Khas Asia ini Bisa Jadi Sajian Istimewa saat Lebaran

Ya, para chef tentu tahu banget bagaimana cara menyimpan buah dan sayuran agar tetap segar. Apalagi chef kapal pesiar. Mereka harus selalu memastikan bahan makanan di dalam kulkas tetap segar selama perjalanan kapal pesiar yang berhari-hari.

Melansir laman T+L, begini cara menyimpan buah dan sayuran di kulkas agar tetap segar menurut para chef kapal pesiar, antara lain:

1. Menjaga buah segar

1
Simpan buah segar dalam kemasan asli (Foto: Pexels/Trang Doan)

Chef Robert Kellerhals, direktur kuliner di AmaWaterways, menyarankan untuk menyimpan buah segar dalam kemasan aslinya dan menyimpannya di bagian yang lebih 'renyah' dari kulkas kamu. Gunakan juga kantong plastik dengan lubang ventilasi kecil yang melepaskan kelembapan menjaga buah-buahan seperti anggur dan beri segar.

Buah-buahan seperti aprikot, alpukat, jambu biji, kiwi, mangga, melon, dan buah persik harus matang terlebih dulu. Setelah matang, buah-buahan itu dapat disimpan di lemari es.

Bekukan buah jika kamu terlalu banyak makan. Buah beku sangat cocok untuk ditambahkan pada smoothie, yogurt, muffin, sereal panas, atau sirup untuk pancake dan wafel. Untuk membekukan beri, cuci dan sebarkan dalam satu lapisan. Saat buah beri keras, masukkan ke dalam tas atau wadah freezer. Sebagian besar buah akan tetap segar hingga satu tahun.

Baca juga:

Pakai Rice Cooker, Kamu Bisa Bikin Banana Cake Enak

2. Memilih dan menyimpan sayuran

2
Simpan brokoli dalam kantong yang tertutup rapat (Foto: Pexels/Ella Olsson)

Chef Karnaval Cruise Line menyarankan untuk membeli sayuran yang minim proses. Misalnya, pilih brokoli utuh di atas kuntum potong yang tidak akan bertahan lama.

Untuk salad, para chef menyarankan campuran sayuran hijau seperti kangkung, bayam, endive, dan radicchio, beberapa di antaranya juga dapat digunakan sebagai bahan memasak. Bilas dan beri udara daun hijau kering, bungkus dengan handuk kertas, dan simpan di tempat yang tidak akan dihancurkan.

Chef Andy Matsuda dari Holland America Line's Culinary Council menyarankan untuk menyimpan bawang dengan kulit dan membungkusnya menggunakan plastik untuk menjaga udara keluar. Bungkus mentimun di koran dan tempatkan di kantong plastik di kompartemen sayuran.

Selain itu, simpan brokoli dalam kantong tertutup rapat karena akan melepaskan gas etilen, yang menyebabkan sayuran lain terlalu cepat matang. Matsuda menyarankan untuk memasak sayur atau daging sebelum membekukannya, pastikan untuk membungkusnya dengan erat untuk menjaga udara yang akan merusak makanan.

3. Maksimalkan dessert

3
Belilah dengan jumlah yang tidak terlalu banyak (Foto: Pexels/Suzy Hazelwood)

Chef pastry dan chocolatier Jacques Torres dari Holland America's Culinary Council menawarkan saran tentang menyimpan manisan favorit semua orang. "Tempat terbaik untuk cokelat ada di perut kamu," katanya kepada T+L.

Torres juga menawarkan sarannya untuk menggunakan waktu kamu dengan baik. “Ketika saya membuat adonan untuk kue, saya membuatnya untuk dua atau tiga. Lalu saya meratakannya, membungkusnya dengan plastik, dan membekukannya dalam kantong Ziploc. Saya mungkin membuat kue tar hari ini dan pie besok, menggunakan buah-buahan yang berbeda. Jika kamu memiliki buah yang terlalu matang, gunakan dalam pai," tambahnya.

Torres pun melakukan hal yang sama dengan adonan pizza. “Saya suka membuat pizza dengan anakku. Saya membuat adonan untuk tiga atau empat pizza. Lalu saya meratakannya dan membekukannya," tukasnya. (lgi)

Baca juga:

Mudah dan Simpel, 5 Olahan Kornet ini Pas untuk #DiRumahSaja

Penulis : Leonard Leonard
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Meski Putus Sekolah, Para Selebritas Hollywood ini Mampu Capai Kesuksesan
ShowBiz
Film Layar Lebar Sailor Moon, 'Sailor Moon Eternal' Dirilis Januari 2021
ShowBiz
Film Layar Lebar Sailor Moon, 'Sailor Moon Eternal' Dirilis Januari 2021

Setelah 25 tahun tayang, Sailor Moon akhirnya mendapatkan film layar lebar pertamanya.

Saran Ahli Gizi Agar Anak Gemar Makan Sayur
Fun
Saran Ahli Gizi Agar Anak Gemar Makan Sayur

Kenalkan sayur pada anak sejak dini.

Sebelum Percaya, Baca Penjelasan Tentang Mitos Vaksin COVID-19 Ini
Fun
Sebelum Percaya, Baca Penjelasan Tentang Mitos Vaksin COVID-19 Ini

Memahami mitos-mitos yang berkembang di masyarakat.

Penyimpanan Google Photos Tak Lagi Gratis Mulai Juni 2021
Fun
Penyimpanan Google Photos Tak Lagi Gratis Mulai Juni 2021

Batas kuota 15GB akan berlaku selama tiga tahun.

Kobe Bangkit dari Tidur Panjang dengan Semangat 'Tangguh'
ShowBiz
Kobe Bangkit dari Tidur Panjang dengan Semangat 'Tangguh'

Setelah empat tahun resesi, pengusung genre Nu Metal asal Sidoarjo kembali kepermukaan.

'The Wave' Instalasi Seni Terkeren di Bumi
Fun
'The Wave' Instalasi Seni Terkeren di Bumi

Ini adalah ilusi anamorphic terbesar di dunia

Ilmuwan Mengungkap Misteri 'Komputer' Tertua di Dunia
Fun
Ilmuwan Mengungkap Misteri 'Komputer' Tertua di Dunia

Alat ini ditemukan oleh arkeolog Valerios Stais pada tahun 1901 Yunani.

Reuni George Clooney dan Michelle Pfeiffer Setelah 25 Tahun 'One Fine Day'
ShowBiz
Reuni George Clooney dan Michelle Pfeiffer Setelah 25 Tahun 'One Fine Day'

Dalam perbincangan tersebut mereka membicarakan tentang kemungkinan sekuel One Fine Day

Masashi Kishimoto 'Ambil Alih' Serial Boruto
ShowBiz
Masashi Kishimoto 'Ambil Alih' Serial Boruto

Boruto akhirnya kembali ke tangan sang kreator.