hiburan

Ragusa, Es Krim Legendaris Negeri Aing

Iftinavia PradinantiaIftinavia Pradinantia - Minggu, 27 Juni 2021
Ragusa, Es Krim Legendaris Negeri Aing
Menu andalan Ragusa, Spaghetti Ice Cream (Sumber: Instagram/@ragusa.jkt)
LETAKNYA terimpit di antara bangunan tua sepanjang Jalan Veteran, Jakarta Pusat. Penandanya, selalu ramai pedagang kaki lima menjajakan gado-gado, sate, rujak juhi, otak-otak, dan lainnya persis di depan pintu masuk bangunan bernomor 10 dengan papan nama berbubuh tulisan Ragusa merah dan Es Italia biru.
Begitu masuk, para pengunjung akan disajikan nuansa tempo dulu mulai langgam arsitektur bangunan, furnitur, alat produkai, hingga otentisitas rasa es krim.
Pengunjung bisa dengan santai menikmati kenikmatin bersuap-suap es krim di meja dan kursi rotan bundar. Hawanya pun sejuk sebab ruangannya memiliki langit-langit tinggi sehingga sirkulasi udara lebih loncer.

Sajian es krim dibagi menjadi empat kategori besar, meliputi Regular, Premium, Mixed, dan Fancy Flavored. Di kategori Regular ada lima rasa, antara lain Mocca, Vanilla, Cokelat, Storberi, dan Nougat. Dua rasa khusus, Durian dan Raisin ada di kategori Premium, dan dua rasa campuran, macam Coupe de Maison dan Special Mix terdapat di kategori Special Mix. Sementara, pada Fancy ada lima rasa, seperti Cokelat Sundae, Tutti Frutti, Casatta Siciliana, Banana Split, dan Spaghetti Ice Cream.
Ragusa
Cassata Siciliana (Sumber: Instagram/@ragusa.jkt)


Varian paling akhir, spaghetti ice cream paling banyak dipesan pengunjung baik kali pertama berkunjung maupun para langganan.

Serupa nama, spaghetti ice merupakan es krim vanilla dibentuk serupa helaian spaghetti kemudian ditaburi cokelat, sukade, dan kacang. Porsinya lebih besar ketimbang varian lain. Rasa otentik es krim dipadu topping klasik tersebut membuat sajian tersebut khas, pas, dan klasikal.


Sambil menikmati es krim, pengunjung diperbolehkan memesan jajanan kaki lima dimakan di dalam kedai. Harga es krim berkisar di angka 15-35 ribu rupiah. Cita rasa otentik es krim hingga kini tidak dikreasikan dalam sekejap masa melainkan sudah tradisi turun-temurun sejak masa kolonial.
Ragusa lahir dari dua bersaudara asal Italia bernama Luigie Ragusa dan Vincenzo Ragusa pada 1932. Selanjutnya, Ragusa diambilalih sepasang suami istri berkewarganegaraan Indonesia dikenal dengan nama Pak Bun dan Bu Sias.
Awalnya Ragusa Ice Cream Italia memiliki cabang 20 gerai. Namun, kini toko es krim klasik tersebut hanya memiliki dua gerai terletak di Jalan Veteran I dan Duta Merlin Plaza.
Selain beroleh rasa ontentik dan nuansa seperti kembali ke masa lalu, para pengunjung tentu akan beroleh kesan baru terhadap pelayanan.
Ragusa
Banana Split (Sumber: Instagram/@ragusa.jkt)
Yap betul banget. Selain tempatnya memang begitu kental dengan nuansa zaman dahulu, pengunjung juga akan dimanjakan varian es krim otentik Ragusa yang meleleh di mulut. Kenapa disebut otentik? Sebab, semua es krim tersedia tidak berubah baik rasa juga cara pembuatannya.
Bahkan untuk mempertahankan konsistensi rasanya, mesin pembuat es krimnya pun tidak berubah sejak pertama kali! Jika ada kerusakan pada mesinnya, pemilik harus memperbaikinya sendiri karena sparepartnya sudah tidak bisa ditemukan lagi.
Kalau masih baru banget mampir ke sana dan bingung mau pesan apa, ada beberapa signature dish bisa dicicipi. Misalnya, Banana Split, Cassata Siciliana, Nougat Chocolate Sundae dan tentu paling fenomenal di kedai es krim tersebut adalah Spaghetti Ice Cream-nya! (Avia)
#Kuliner #Juni Made In Negeri Aing #Ragusa Es Italia #Es Krim
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan