Ragunan Berbenah Hadapi Pengunjung saat Libur Lebaran Pengujung Kebun Binatang Ragunan. Foto: @ragunanzoo

MerahPutih.com - Libur lebaran tahun 2018 tinggal hitungan hari. Beberapa tempat wisata di Jakarta melakukan pembenahan guna memberikan suasana baru dan menarik bagi pengunjung.

Salah satunya Taman Margasatwa Ragunan (TMR) melakukan penopingan pohon dan pemasangan rambu-rambu penunjuk arah di wisata keluarga itu.

Tak hanya itu, Kepala Satuan Pelaksana Promosi dan Pengembangan Masyarakat Ragunan Ketut Widasana mengatakan pengelolah Ragunan akan menyiapkan petugas pelayanan guna membantu wisatawan berlibur

Tak luput, Ketut berkata, pihaknya juga akan melakukan penambahan loket masuk pelayanan di Wisata yang terletak di Jakarta Selatan ini. Hal itu dilakukan untuk menghindari membeludaknya pengunjung saat libur lebaran.

Taman Margasatwa Ragunan

"Kantor-kantor parkir juga kita pikirkan, dan pastinya akan lakukan rekayasa lalu lintas," kata Ketut saat dikonfirmasi MerahPutih.com, Kamis (7/6).

Disamping itu, Ketut mengaku, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan instansi lain dari unsur Kepolisian, Marinir, Satpol PP, Koramil, dan Dishub. Koordinasi ini untuk membantu pengunjung dan pengelolah Ragunan saat libur lebaran.

"Tak hanya petugas keamanan kita juga koordinasi dengan Dinas Kesehatan (dinkes), Pemadam Kebakaran (damkar), dan Palang Merah Indonesia (pmi)," ungkapnya.

Sementara itu, Suku Dinas Perhubungan dan Transportasi Jakarta Selatan, Edi Sufaat mengatakan pihaknya sudah memiliki cara mengatasi membeludaknya pengunjung di Ragunan. Pihaknya akan menempatkan petugas di titik-titik rawan kemacetan di sekitar Kebon Binatang.

Taman Margasatwa Ragunan

"Untuk lebaran seperti biasa kita tempatkan petugas di Ragunan," kata Edi saat dikonfirmasi merahputih.com, pada Kamis (7/6).

Edi mengaku, pihaknya tidak akan melakukan pengalihan arus di sekitar Ragunan. Hanya saja menerapkan buka tutup yang dilakukan oleh anggota kepolisian, jika di persimpangan Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan mengalami kepadatan.

"Ga ada mas (pengalihan arus). Kita membantu pengaturan lalu lintasnya," tutup Edi. (Asp)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH