Ragam Mas Kawin Unik Warga +62, Dari Air Putih Hingga Knalpot Ragam Mas Kawin Aneh warga +62 (Foto: pixabay/stocksnap)

MAHAR atau Mas Kawin menjadi kewajiban diberikan mempelai pria kepada mempelai perempuan. Seperti dikutip dari laman Kemenag.go.id, bentuk mas kawin atau mahar tidaklah sama, tergantung pada keinginan kemampuan mempelai pria dan keinginan mempelai perempuan.

Karena itu, tidak jarang terjadi aneka Mahar atau Mas Kawin mulai berbentuk uang hanya Rp.100.000 dan terkadang ada berbentuk seperangkat alat shalat. Adapun tujuan mas kawin sebagai bukti kesungguhan niat laki-laki untuk menikahi perempuan pilihannya dan menempatkannya pada derajat mulia.

Baca Juga:

Pentingnya Memakai Cincin Kawin Setiap Hari

Di Indonesia, umumnya Mas Kawin berupa uang dan emas, tapi tidak sedikit juga warga +62 Mas Kawinnya terbilang unik dan nyeleneh.

1. Mas Kawin Segelas Air Putih

Mas Kawin Segelas Air Putih gegerkan dunia maya di tahun 2016 lalu (Foto: facebook/purwanto)

Pada tahun 2016 lalu, tersiar kabar mengejutkan sekaligus mengharukan. Kabar tersebut datang dari Kabupaten Aceh Singkil, tepatnya di Kampung Pea Jambu, Kecamatan Singkohor, Aceh. Saat itu berlangsung pernikahan sederhana di tanggal 24 Maret 2016.

Sekilas pernikahan itu tampak biasa saja, terdapat sepasang pengantin duduk di masjid, dengan mempelai perempuan sedang meminum segelas air.

Rupanya, air minum itu bukanlah air minum biasa, melainkan merupakan mahar diberikan oleh mempelai pria kepada mempelai perempuan.

Momen tersebut diabadikan pengguna Facebook bernama Purwanto. Ia mengabadikan momen tersebut lalu mengunggahnya di Facebook.

"Pernikhan Hari & Rohani dengan mahar segelas air minum. Langsung diminum maharnya... Semoga menjadi keluarga bahagia," tulis Purwanto pada caption foto tersebut.

Pada kolom komentar, Purwanto menjelaskan mempelai pria merupakan penyuluh agama honorer di Kantor Urusan Agama (KUA) Singkohor. Melihat unggahan tersebut, banyak warganet kaget tidak percaya pernikahan itu bisa terjadi hanya dengan mahar segelas air putih.

Pernikahan tersebut seakan menjadi bukti sesungguhnya kebahagiaan keluarga baru tak sekadar melangsungkan mewahnya pernikahan, melainkan usia pernikahan berjalan dengan lancar dan tidak saling memberatkan satu sama lain.

2. Mas Kawin Knalpot

Racing abis, pengantin ini pilih knalpot sebagai mas kawin (Foto: instagram @anakmotorhits)

Pada tahun 2017 lalu, berbeda dari kebanyakan orang memilih mahar uang atau emas, pasangan di Magetan, Jawa Timur, memilih benda yang mungkin tak pernah terpikir di benak orang lain untuk dijadikan mahar.

Alih-alih memilih uang dan emas sebagai mahar, pasangan ini justru menjadikan knalpot motor sebagai mahar pernikahannya. Kisah pasangan itu pun viral setelah akun bernama Agus Sofyan Hidayat membagikan postingan di grup Facebook Berita Magetan.

Pada foto diunggah Agus kemudian diunggah kembali orang banyak orang, tampak pengantin perempuan tengah mencium tangan pengantin laki-laki dan memamerkan mahar berupa knalpot serta sejumlah uang.

Kotak mahar berisi sejumlah uang dengan pecahan Rp 50 ribu, satu lembar uang Rp 5 ribu, dan beberapa lembar uang Rp 2 ribu. Namun, hal cukup menarik perhatian justru knalpot merek R9 terbungkus rapih dengan sejumlah uang itu.

Kabarnya pemilihan mas kawin tersebut lantaran kecintaan sang pengantin dengan otomotif. Unggahan itu pun menuai ribuan reaksi dari warganet, banyak yang melontarkan komentar unik dan keren.

Baca Juga:

Cuma di Negeri Aing Pesta Pernikahan Sampai Menutup Jalan

3. Mas Kawin Sandal Jepit

Tak ingin memberatkan pengantin pria, pengantin perempuan kabarnya meminta mahar sepasang sandal jepit (Foto: facebook/inaq icok sasak)

Seorang pria bernama Iwan Firman Wahyudi asal Dusun Sendong Sekeq Desa Braim, Lombok, mendadak viral di jagat maya pada tahun 2020 lalu. Iwan menjadi viral setelah menikahi Helmi Susanti dengan mahar sepasang sandal jepit.

Awalnya kisah cinta mereka berdua bersemi saat berkenal di media sosial. Kala itu, Helmi mengomentari salah satu video yang diunggah pada akun YouTube Wahyudi. Saat itu Helmi masih menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi.

Helmi membuat komentar dan mencantumkan nomor kontak WhatsApp. Menurut Wahyudi, video dikomentari Helmi merupakan lagu tradisional Sasak bertajuk 'Pondok Dunie' atau dalam bahasa Indonesia berarti Pondok Dunia.

Pada video tersebut terlihat seorang penyandang disabilitas. Helmi ingin membantu dan memberikan hadiah pada orang itu, karena itu meninggalkan nomor kontak guna mempermudah komunikasi.

Hubungan mereka pun cukup intens setelah berbincang lewat WhatsApp dan Facebook, hingga akhirnya Wahyudi memberanikan diri menikahi Helmi dengan mas kawin sepasang sandal jepit dan segelas air.

Setelah pernikahan tersebut, Wahyudi mendapat banyak cibiran dari warganet. Banyak warganet berkomentar Wahyudi hanya mencair sensasi, karena ia seorang YouTuber.

Kabarnya mas kawin sandal jepit tersebut merupakan keinginan Helmi, dengan alasan tidak ingin menyusahkan suami dengan tuntutan mas kawin macam-macam.

4. Mas Kawin Ular Piton

pernikahan Sigit Agus Setiawan dan Tiara Puspita Dewi menjadi viral di media sosial. Hal itu lantaran Mas Kawin mereka berupa ular piton (Foto: youtube/djo kobray)

Pada tahun 2021 lalu, tepatnya tanggal 22 Januari, pernikahan Sigit Agus Setiawan dan Tiara Puspita Dewi menjadi viral di media sosial. Hal itu lantaran Mas Kawin mereka terbilang sangat unik.

Bukan seperangkat alat salat, emas, atau uang tunai, melainkan menjadikan seekor ular piton sebagai mas kawin tambahan.

Seperti dilansir dari YouTube Djo Kobray, pasangan Sigit dan Tiara dikenal sebagai penggemar reptil. Ide pemberian mahar ular piton itu muncul saat keduanya mengunjungi pameran hewan reptil.

Kala itu Tiara menyukai ular piton sepanjang satu meter. Hal tersebut membuat Sigit berinisiatif memberikan ular piton seharga Rp2,7 juta pada sang istri.

Ular tersebut dipamerkan pada saat resepsi pernikahan merekadi Kampung Pasir Jambu, Sukaraja, Bogor. Sontak saja aksi pengantin tersebut menuai sorotan dari para tamu.

Pada foto kemudian beredar luas di media sosial, ular piton dengan ukuran satu meter itu menggelayut pada pundak Sigit dan Tiara. Mereka terlihat sangat senang dengan keberadaan ular piton tersebut.

Namun Sigit rupanya tidak hanya memberikan mas kawin ular piton saja, melainkan terdapat juga mas kawin lainnya, berupa cincin emas dan seperangkat alat salat. Kabarnya, mas kawin ular piton itu tak akan tercantum secara resmi pada buku nikah maupun catatan KUA. (Ryn)

Baca Juga:

Cara Survive dari Ketakutan Gelar Pesta Pernikahan di Tengah Pandemi

Kanal
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Isyana dan Afgan Promosikan Destinasi Wisata Utama Indonesia
Travel
Isyana dan Afgan Promosikan Destinasi Wisata Utama Indonesia

LEWAT siaran televisi dan digital orisinal terbaru berjudul "AXN Ultimate Challenge Indonesia".

Asal Muasal Lagu ‘Citra’ Sebagai Pembuka Festival Film Indonesia
Indonesiaku
Asal Muasal Lagu ‘Citra’ Sebagai Pembuka Festival Film Indonesia

Lagu Citra (Tjitra) sebentar lagi berkumandang di penyelenggaraan Festival Film Indonesia (FFI) 2021.

5 Kuliner Legendaris Jakarta
Kuliner
5 Kuliner Legendaris Jakarta

Banyak tempat makan di Jakarta telah bertahan puluhan tahun.

Warga +62 Bicara Damai Ajalah
Tradisi
Warga +62 Bicara Damai Ajalah

Damai Ajalah menjadi semangat paling ikonik Warga +62 di tiap problematika. "Yang waras ngalah"

GELAR Cetak 100 Pegiat Literasi Perkuat Ekosistem Literasi Nasional
Hiburan & Gaya Hidup
GELAR Cetak 100 Pegiat Literasi Perkuat Ekosistem Literasi Nasional

Bertujuan mencetak 100 penggiat literasi serta meningkatkan keterampilan dan kemampuan membaca anak-anak.

Gelar Grand Opening, Hotel Aruss Semarang Cetak 2 Rekor MURI
Travel
Gelar Grand Opening, Hotel Aruss Semarang Cetak 2 Rekor MURI

Hotel Aruss Semarang adalah hotel berbintang empat.

Soto Selain Nikmat Menyegarkan Juga Menyehatkan
Kuliner
Soto Selain Nikmat Menyegarkan Juga Menyehatkan

Soto memang bukan kuliner biasa

Mengenang Eksotika Gunung Papandayan, Lokasi Favorit Pelancong Masa Kolonial
Indonesiaku
Mengenang Eksotika Gunung Papandayan, Lokasi Favorit Pelancong Masa Kolonial

Tak heran bila para biro perjalanan memasang tarif khusus kepada turis mancanegara

Sedap Nikmat Sajian Khas Betawi
Kuliner
Sedap Nikmat Sajian Khas Betawi

Selain kerak telur nan tersohor itu Betawi masih punya sajian andalan yang bisa membuat lidah menari.

Menu Nasi Khas Indonesia, Tak Bisa Dilupakan Lidah
Kuliner
Menu Nasi Khas Indonesia, Tak Bisa Dilupakan Lidah

Sajian nasi yang menjadi kekhasan Indonesia.