Ragam Manfaat Mengonsumsi Ceker Ayam, Yakin Enggak Mau Coba?

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Minggu, 01 Juli 2018
Ragam Manfaat Mengonsumsi Ceker Ayam, Yakin Enggak Mau Coba?
Ilustrasi Ceker Ayam (Foto: pixabay/jyleen21)

BEBERAPA orang mungkin tak menyukai ceker ayam lantaran bentuknya yang dinilai cukup mengerikan. Namun, tak sedikit pula yang suka dengan salah satu bagian tubuh ayam tersebut.

Di balik bentuk mengerikan ceker ayam, ada segudang manfaat lo guys. Hal itu disebabkan ceker didominasi jaringan urat yang membuat bagian tersebut sarat akan kolagen yang berkhasiat untuk aliran darah, kulit serta tulang.

Manfaat yang pertama ceker ayam ialah untuk kesehatan kulit. Seperti dilansir Go-Dok, jika ingin punya kulit tampak awet muda secara natural, kamu tak perlu repot-repot pakai produk anti-aging untuk kecantikan. Kamu dapat memilih alternatif yang lebih alami mudah dan juga murah, yaitu mengonsumsi ceker ayam secara rutin.

(Foto: pixabay/saddy27)

Menurut sebuah penelitian oleh Faculty of Veterinary Science Chung-Hsing University, kolagen yang terkandung dalam ceker unggas mirip dengan yang ditemukan pada sayur dan buah. Zat tersebut dapat membantu kulit tetap kencang dan elastis. Dengan begitu, kulit kamu tentu akan terlihat lebih muda.

Manfaat yang kedua yaitu untuk kesehatan tulang. Pengeroposan tulang yang biasanya terjadi pada orang berusia paruh baya umumnya disebabkan degenerasi sel penyusun tulang lantaran kemampuan tulang yang tak lagi maksimal dalam menyerap kalsium.

Dalam hal ini, ceker yang yang mengandung protein, kolagen, serta kalsium mampu memberi asupan yang cukup untuk kebutuhan tulang. Dengan begitu, kamu dapat meminimalisasi risiko pengeroposan tulang dan osteoporosis.

(Foto: pixabay/strecosa)

Selain itu, ceker ayam amat bermanfaat untuk proses penyembuhan. Tak banyak yang tahu kolagen merupakan salah satu nutrisi yang mampu mendorong proses regenerasi sel. Jadi luka ataupun penyakit yang mengganggu kesehatan sel dalam sebuah jaringan bisa pulih lebih cepat dengan mengonsumsi kolagen yang cukup. Bahkan, sebuah penelitian di Amerika Serikat menyebutkan proses penyembuhan bisa juga berada di sumsum tulang belakang.

Ceker ayam sangat berguna untuk kesehatan pencernaan. Bahan makanan unik ini mengandung kolagen, protein, kondoritin serta glukosamin yang bisa membantu proses pencernaan. Nutrisi-nutrisi tersebut berguna untuk penyerapan makanan yang masuk kedalam tubuh agar lebih baik dan maksimal.

(foto: pixabay/byungjo)

Yang terakhir, ceker ayam berguna untuk sistem imun tubuh kamu. Sistem kekebalan tubuh merupakan kemampuan tubuh dalam menangkal segala faktor luar yang membahayakan fungsi normal dari organ-organ serta menyembuhkan kerusakan yang ada didalamnya. Karena itu, untuk membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat, kolagen dan gelatin dibutuhkan dalam jumlah yang cukup. Selain itu, tubuh juga butuh magnesium, kalsium dan fosfor. Nah, ceker ayam dapat mendukung asupan suplai nutrisi itu yang tak bisa dilakukan bagian lain pada ayam.

Nah bagaimana Guys? Masih ragu untuk mengonsumsi ceker ayam?(Ryn)

Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan