Ragam Makanan Seafood Khas Bangka Belitung, Pelancong Wajib Coba Ikan kakap merah untuk bahan asep pedes. (Foto: Pixabay/scottgardner)

BANGKA Belitung kini berkembang sebagai destinasi wisata andalan di wilayah Sumatera. Provinsi kepulauan di timur Pulau Sumatera ini terkena memiliki pantai-pantai dan banyak pulau indah. Terutama setelah tenar diangkat dalam novel dan film Laskar Pelangi, Bangka Belitung destinasi wajib bagi penyuka wisata bahari.

Selain keindahan alamnya, Bangka Belitung juga merupakan surga makanan tradisional. Sajian terkenal dari Negeri Seribu Pulau ini yaitu olahan laut atau menu seafood-nya. Menu seafood terkenal memiliki perpaduan bumbu yang kaya, selain itu ada juga yang dipadu dengan sambal khas.

Berikut merahputih.com sajikan 5 menu seafood khas Bangka Belitung;

1. Asep Pedes

Asam pedas kakap sajian lezat di Bangka Belitung. (Foto: instagram@princessnovidaerni)
Asam pedas kakap sajian lezat di Bangka Belitung. (Foto: instagram@princessnovidaerni)

Asep pedes merupakan hidangan khas Bangka Belitung berbahan dasar ikan. Biasanya digunakan ikan kakap merah. Bisa juga kamu menggantinya dengan ikan laut lain. Penggunaan bahan utama bisa disesuaikan menurut selera.

Asem pedes ini tepatnya merupahan hidangan Melayu Bangka Belitung. Asem pedes atau asam pedas ditemukan hampir di setiap kawasan Melayu, seperti Kepulauan Riau, Riau, Jambi, hingga Semenajung Malaya.

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH