Ragam Kegiatan Ramadan di DKI, Termasuk Salat Idul Fitri di JIS

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 04 April 2022
Ragam Kegiatan Ramadan di DKI, Termasuk Salat Idul Fitri di JIS
Warga Muhammadiyah melaksanakan Shalat Tarawih pertama Ramadhan 1443 Hijriah di Masjid As-Sudairi Rawamangun Jakarta Timur, Jumat (1/4/2022). (ANTARA/Desi Purnamawati)

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menjadikan Jakarta International Stadium (JIS) sebagai salah satu lokasi Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah.

Pelaksanaan di stadion baru tersebut, agar masyarakat ikut menikmati kebersamaan sekaligus mengenal salah satu ikon baru di Ibu Kota. Pembangunan JIS sendiri diklaim sudah rampung 100 persen pada akhir Maret 2022.

Baca Juga:

JOOX Hadirkan Beragam Konten Spesial Ramadan

"Ada beragam kegiatan dengan tema Ramadan di Jakarta #RayakanKebersamaan. Itu salah satunya," kata Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta Gunas Mahdianto di Jakarta, Minggu (4/4).

Selain akan menjadi lokasi Shalat Id, Pemprov DKI juga berencana mengadakan Festival Malam Takbiran di JIS pada malam Lebaran. Tetapi, Pemprov belum memberikan rincian apakah Shalat Id tersebut akan dilakukan di dalam stadion utama atau di luar stadion utama.

Pemprov DKI memiliki sejumlah agenda menyambut Ramadan yakni munggahan Ramadan dengan para pimpinan lembaga dan organisasi masyarakat Islam pada 1 April 2022. Kemudian, ornamen Ramadan dengan menghias ruang publik, seperti logo, umbul-umbul, dekorasi khusus Ramadan di Jakarta yang berkolaborasi dengan swasta.

Kemudian, Ramadan Market dan Jazz Festival dalam bentuk bazar untuk menggairahkan aktivitas ekonomi UMKM, serta penampilan musik dan dakwah di Lapangan Banteng pada 11-24 April 2022.

Agenda selanjutnya, Ramadan Market Festival di setiap kelurahan dengan menyajikan makanan buka puasa dan produksi usaha mikro kecil.

Pengunjung berjalan memasuki stadion utama Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara, Minggu (13/3/2022). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Pengunjung berjalan memasuki stadion utama Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara, Minggu (13/3/2022). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Selain itu, wisata religi spesial Ramadan, dengan melibatkan konten kreator agar publik secara luas dapat merasakan keberadaan peradaban Islam di Jakarta.

Kemudian, berbagi hidangan buka puasa setiap hari minimal 50 ribu bungkus yang dibagikan ke masjid, mushalla, halte TransJakarta dan ruang publik lainnya, pada 2 April-1 Mei 2022.

Pemprov juga mengirimkan Duta Imam Salat Tarawih, sebanyak 200 orang terbaik dan telah diseleksi untuk menjadi Imam Shalat Tarawih di masjid pilihan pada 2 April-1 Mei 2022.

Gubernur Anies Baswedan pun, dijadwalkan mengunjungi masjid/pondok pesantren di sejumlah lokasi, hingga kegiatan 30 hari khatam Al Quran selama Ramadan. (Asp)

Baca Juga:

Sains Menjawab Alasan Awal Ramadan Tahun ini Dimulai pada 3 April 2022

#Ramadan #Lebaran #Idul Fitri #Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan