Image
Author by : ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Alquran mini bertinta emas di Masjid Jami Darussalam, Pasir Jambu, Kabupaten Bogor. Menurut Kiai Tubagus Muhammad Tamyiz, Alquran tersebut merupakan barang bersejarah peninggalan Pangeran Wijaya Kusuma, salah satu pahlawan yang berjuang pada zaman kolonial Belanda.
(ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)

Image
Author by : ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

Seorang pengeblat membalik halaman Alquran raksasa di Masjid Baiturrahman, Banyuwangi, Jawa Timur. Kitab suci Alquran yang memiliki ukuran halaman 142 cm x 210 cm dengan tulisan tangan tersebut dibaca setiap bulan Ramadan.
(ANTARA FOTO/Budi Candra Setya)

Image
Author by : ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Alquran berukuran besar di Masjid Fatimah, Solo, Jawa Tengah. Kitab suci yang panjangnya mencapai 1,4 meter dengan lebar 1,8 meter itu merupakan pemberian seorang pengusaha di Solo. Konon, Alquran tersebut dibuat pada zaman pemerintahan Paku Buwono X dari Keraton Kasunanan Surakarta sekitar tahun 1800-an.
(ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Image
Author by : ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Pengasuh Pondok Pesantren Al Mutazzam, Kiai Haji Khamami (kiri), mengarahkan santrinya membaca (tadarus) Alquran berbahan daun lontar di Pudak Payung, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah. Tadarus Alquran karya ulama asal Madura, Syech Abdulrohman, yang berusia sekitar 300 tahun tersebut dilakukan setiap Ramadan dan semakin digalakkan pada sepuluh hari terakhir bulan suci Ramadan. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Image
Author by : ANTARA FOTO/Jojon

Kitab suci Alquran yang ditulis dengan tangan tersimpan di Museum Negeri Sulawesi Tenggara, Kendari, Sulawesi Tenggara. Alquran ini pernah digunakan di masjid tua di Kabupaten Muna, Kecamatan Tongkuno pada abad XVII Masehi. (ANTARA FOTO/Jojon)

Image
Author by : ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Alquran yang ditulis tangan pada pameran peradaban Islam di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB, Mataram. Alquran tersebut berasal dari Dusun Sade, Desa Rambitan, Lombok Tengah. Berbahan kertas, Alquran ditulis menggunakan tinta cina. Surat Al Fatihah dan Al Baqarah diberi hiasan iluminasi motif garis-garis segitiga dan geometris dengan warna alam merah, kuning, dan hijau. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Image
Author by : ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Sejumlah pengunjung berfoto di Alquran raksasa di Gandus, Palembang, Sumatera Selatan. Keberadaan Alquran raksasa (Alquran Al-Akbar) yang diukir di atas kayu trembesi itu menjadi destinasi wisata religi di Palembang.
(ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Image
Author by : ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Santri membaca Alquran yang terbuat dari lempengan baja stainless di Pondok Pesantren Al-Ashriyyah Nurul Iman, Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Mushaf Alquran yang dibuat oleh sembilan ulama Jawa dan terdiri dari 30 juz tersebut diklaim sebagai yang terberat di dunia, yakni mencapai 1,2 ton. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)