Merajut Nusantara Pertontonkan Ragam Budaya Pernikahan Tradisional Merajut Nusantara dibuat untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI. (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

MERAJUT Nusantara merupakan kerja budaya yang dipelopori oleh salah satu desainer ternama tanah air, Vera Anggraini dengan labelnya Vera Kebaya. Kepiawaian Vera dalam dunia desain sendiri memang sudah tak diragukan lagi, betapa tidak, wanita kelahiran Medan, 25 Oktober 1974 ini telah berkiprah selama 15 tahun sebagai desainer fesyen.

Karya-karyanya pun sudah dikenakan oleh berbagai kalangan selebritas dan orang-orang penting. Antara lain Raisa Andriana, Raline Shah, Momo Geisha, Rahayu Saraswati, Sundari Soekotjo, Vanessa Angel, Bunga Jelitha, Anissa Yudhoyono dan putri presiden Jokowi, Kahiyang Ayu.

Vera Anggraeni (tengah) bersama rekan-rekan yang terlibat di acara Merajut Nusantara (Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

Vera tak sendirian, ia mengajak rekan-rekannya yaitu fotografer Drawis Triadi, Videografer Wiki Lee, Tata Rias Irwan Riady, Adi Adrian, Anpasuha, Ibu Mamie Hardo, Des Iskandar, Emil Eriyanto dan rekan-rekan lainnya yang cinta akan tradisi budaya pernikahan di Indonesia.

Pada acara itu, Vera bersama rekan-rekannya akan mewujudkan kecintaannya pada budaya pernikahan Indonesia. Rencananya akan menampilkan keberagaman tradisi pernikahan nusantara. Pernikahan nusantara yang memiliki banyak ritual itu dipertontonkan dalam Merajut Sutera.

"Merajut Nusantara menjadi wujud kecintaan saya akan budaya pernikahan Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang sangat kaya akan warna, corak, dan tradisi. Lewat pagelaran busana dan hiasan adat yang penuh variasi," ungkap Vera saat ditemui di Hotel Raffles Jakarta, Senin (13/8).

Vera memang sangat cinta pada tradisi pernikahan tanah air. Pernikahan yang hadir dengan beragam budaya dan tradisinya. Pernikahan yang indah, agung dan juga sakral itu ditampilkan dalam setiap gerak dan suara. Dalam setiap pernikahan kaya akan arti serta nilai filosofi dari budaya di Indonesia.

Merajut Nusantara merupakan bentuk apresiasi dari ritual pernikahan di Indonesia. (Foto: Instagram @verakebaya)

Sekitar 40 kebaya pernikahan nusantara datang dari Aceh hingga Papua. Kebaya karya Vera Anggraini yang sarat akan tradisi dan ritual disiapkan selama lebih dari empat bulan. Acara ini dibuat dalam sebuah pagelaran penuh makna untuk menyambut ulang tahun ke 73 Republik Indonesia.

Pada acara tersebut, Vera Angrraini menawarkan beragam bentuk kebaya. Baik pada pemilihan bahan atau warna. Bahan itu seperti brokat, beludru, tenun atau organdi tile. Kemudian berbagai warna, seperti emas, hijau, merah, marun, biru, ungu dan silver hadir menghias desain kebaya yang ditampilkan.

Bentuk dan polanya sendiri seakan diramu di atas keindahan kain tradisional dari masing-masing daerah. Kesemuanya dihadirkan dalam rentang warna yang kaya akan seni lewat koleksi ke-40 kebaya yang ditampilkan.

Event Merajut Nusantara akan digelar pada tanggal 15 Agustus 2018 di Hotel Raffles Jakarta. Rangkaian kegiatan Merajut Nusantara terdiri dari peragaan busana, penerbitan buku, pembuatan film dokumenter, situs digital, kajian dan diskusi serta pameran di dalam dan luar negeri. (ryn)

Baca juga yuka artikel menarik yang lainnya Ragam Manfaat Gula Merah untuk Kecantikan

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH