Ragam Biji Kopi Nusantara Abraresto.com

MerahPutih Kuliner - Kopi menjadi salah satu kekayaan alam Indonesia, banyak jenis kopi khas nusantara yang memiliki cita rasa yang pastinya kopi banget.

Penasaran? berikut ini ulasannya seperti yang dilansir dari Abraresto.com.

Luwak, “kopi termahal di dunia”

Kopi luwak mungkin merupakan biji kopi yang paling populer di dunia. Biji kopi ini dihasilkan dari musang yang memakan buah ceri dari pohonan kopi, melewati proses pencernaan musang, kemudian menghasilkan biji kopi luwak.

Biji kopi luwak ini memiliki rasa unik yang dihasilkan dari proses pencernaan di dalam perut musang dan hal itulah yang membuat kopi luwak dijual dengan harga mahal, mencapai 600 USD per pon!

Bali

Pulau Bali menjadi sebuah anomaly ketika kita berbicara tentang kopi Indonesia. Pertama, mereka lebih memproduksi kopi Robusta. Selain jenis kopi yang berbeda dari daerah lainnya di Indonesia, para petani dan produsen kopi di Bali juga lebih memilih teknik basah sebagai proses biji kopi mereka. Teknik basah yang digunakan adalah membuang daging buah kopi dari biji kopi. Hal tersebut yang menyebabkan kopi Bali lebih memiliki rasa buah.

Sumatra

Biasanya, biji kopi yang ditemukan di daerah Sumatra merupakan biji kopi Arabica, yang memiliki rasa kuat dan berbeda. Biji kopi Sumatra biasanya memiliki karasteristik yang kuat dan agak pedas. Ditambah dengan citarasa yang dihasilkan akibat proses roasting. Kalau kamu tidak suka rasa yang kuat, sebaiknya jangan mengonsumsi kopi yang satu ini.

Sulawesi Toraja

Meskipun produksi kopi Toraja lebih rendah daripada produksi kopi-kopi lain di daerah Indonesia, kopi Toraja ga kalah populer di ranah Internasional lho, AbraFoodies. Banyak yang memuji biji kopi yang agak jarang bisa ditemukan ini. Para peminum kopi juga banyak yang memuji citarasa dari biji kopi Toraja karena rasanya yang renyah, menyegarkan, dan berakhir dengan halus.

Aceh

Aceh dikenal sebagai daerah yang menghasilkan biji kopi Arabica yang berkualitas tinggi dan tentu saja menguasai sekitar 40 persen produksi kopi di Indonesia. Aceh juga merupakan rumah dari biji kopi Gayo, yang juga dikenal sebagai “green coffee beans”. Biji kopi Gayo memang memiliki warna yang unik. Hal menarik lainnya, biji kopi Gayo ini merupakan tumbuhan organic yang ditanam di bawah pohon-pohon. Cita rasa dari kopi Aceh Gayo cukup ringan.

Papua

Melipir ke Timur Indonesia, ada Papua yang juga merupakan penghasil kopi enak dari Indonesia. Biji kopi di Papua tumbuh secara organik yang benar-benar dilindungi agar tanaman kopi tetap terjaga keteduhannya. Kopi Papua melewati proses dengan teknik yang basah. Hasil dari perawatan tanaman dan proses dengan teknik tersebut menghasilkan rasa kopi yang ringan, clean-tasting, seimbang, dan sedikit manis dengan aroma buah.

Flores

Setelah mengetahui cita rasa kopi dari berbagai daerah di Indonesia, satu yang ga boleh ketinggalan, kopi dari Flores! Kopi Flores memiliki rasa yang memuaskan bagi para pecinta kopi. Citarasa dari biji kopi yang satu ini adalah rasa cokelat yang pahit da nada sedikit rasa jeruk, cukup berat, tebal, dan terasa seperti sirup.

Original artikel dari AbraResto.com, web super lengkap untuk menemukan referensi restoran terkini di Jakarta dan sekitarnya.

BACA JUGA:

Berburu Kuliner Khas Manado di Jakarta

4 Topping Martabak yang Bikin Ngiler

Lapar di Tengah Malam? Coba Kunjungi Restoran 24 Jam Ini!

4 Kuliner Mie yang Bikin 'Nagih'


Tags Artikel Ini

Ana Amalia