Rachmat Kartolo, Penembang Patah Hati yang Abadi Rachmat Kartolo. (Istimewa)

RACHMAT Kartolo dilahirkan pada Minggu, 13 Maret 1938 di Jakarta. Ia merupakan seorang penyanyi, aktor, dan sutradara, yang merupakan anak dari pasangan Kartolo dan Roekiah.

Racmat Kartolo semakin dikenal dengan lagu 'cengengnya' yang berjudul Patah Hati, ciptaan abang kandungnya, Iman Kartolo.

Meski demikian, Rachmat Kartolo menyanyikan lagu itu justru kepada arah mayor dan aksentuasi cenderung ke cengkok country. Lagu tersebut direkam lewat piringan hitam single dari perusahaan rekaman pribumi milik Soejoso Karsono pada tahun 1962 dengan nama Irama.

Pada tahun itu, Racmat Kartolo menjadi tonggak musik pop Indonesia selain Koes Bersaudara. Pada awal tahun 1960-an, tak ayal ia menjadi tokoh idola kaum muda.

Selama kariernya selain sebagai penyanyi, ia juga sempat membintangi beberapa judul film. Di antaranya film Aminah Gadis Dusun (1966), Kasih (1971), dan Aulia Cinta (1977).

Pada Selasa, 18 September 2001, pada pukul 9.55 WIB, musisi sekaligus aktor legenda itu wafat di Paviliun Kartika, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat, Gatot Subroto, Jakarta.

Rachmat Kartolo meninggal dalam usia yang 63 tahun. Adapun penyebabnya adalah dikarenakan menderita kanker kelenjar getah bening, yang diketahuinya sekitar tiga bulan terakhir ini. (*)


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH