Rabu ini, Jokowi Bakal Resmikan Tol Manado-Bitung

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 21 Juli 2020
Rabu ini, Jokowi Bakal Resmikan Tol Manado-Bitung
Tol Manado-Bitung. (Foto: PUPR).

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo direncanakan meresmikan tol Manado-Bitung (Mabit), Sulawesi Utara, Rabu (22/7). Tol yang diresmikan tersebut, sepanjang 21 kilometer, bermula dari gerbang tol Manado dan berakhir di gerbang tol Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono rencananya, hari ini, Selasa 21 Juli 2020, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bakal melihat persiapan peresmiannya yang berlokasi di gerbang tol Kauditan.

Ia mengatakan, bentangan tol terpanjang di Sulawesi itu mencapai 39,9 kilometer dan berakhir di Kota Bitung. Namun, belum tersambungnya tol secara utuh karena masih dalam tahapan konstruksi dan pembebasan lahan di beberapa titik.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Lucinta Luna Kedapatan Keluar dari Penjara Naik Mobil Mewah

Jalan Tol Mabit dibangun dalam dua seksi, yaitu Ring Road Manado-Sukur-Airmadidi hingga Kauditan (21 Km) dikerjakan oleh Kementerian PUPR dan untuk Seksi 2 Airmadidi - Bitung (25 Km), dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Manado Bitung. Ruas selanjutnya yang juga akan selesai konstruksinya adalah pada seksi 2 segmen 2A ruas Airmadidi-Danowudu (11,5 km).

Dalam rilisnya PUPR menegaskan, dukungan pemerintah untuk pembiayaan konstruksi Seksi 1 sebesar Rp3 triliun, merupakan instrumen untuk meningkatkan kelayakan investasj jalan tol Mabit. Sementara untuk Seksi 2 Tol Mabit ini dibangun menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi Rp6,19 triliun.

Tol Manado-Bitung
Tol Manado-Bitung. (Foto: PUPR)

Jalan tol yang memiliki lima Simpang Susun (SS) yaitu, SS Manado SS Air Madidi, SS Kauditan, SS Danowudu dan SS Bitung ini, akan memangkas waktu tempuh Manado ke Bitung dan sebaliknya dari 90-120 menit menjadi sekitar 30-45 menit.

Kehadiran tol pertama di Sulawesi Utara ini juga akan menjadi faktor pendorong berkembangnya sektor pariwisata kawasan Manado – Bitung – Likupang yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

Kawasan ini menjadi salah satu dari 5 kawasan pariwisata prioritas yang akan dikembangkan tahun 2020. Disamping itu masih banyak lagi objek wisata di Sulawesi Utara yang memiliki potensi dan belum dieksplorasi, seperti Pantai Serena, dan Air Terjun Kima Atas yang juga memerlukan dukungan infrastruktur. (ARR)

Baca Juga:

#Pembangunan Jalan Tol #Jokowi #Pembangunan
Bagikan
Bagikan