Queen, Seperti Satu Kapal dengan 4 Nahkoda Queen, grup ini sudah hendak bubar berkali-kali sepanjang karier mereka. (Foto: persimusic)

BRIAN May, gitaris Queen, mengulang kembali perjalanan grup rock flamboyan Queen yang mewarnai dunia musik. Bagi May, Queen adalah wadah empat orang musisi mencipta kreasi. Namun tak terbayangkan bila kemudian empat kepala ini saling tarik menarik berusaha menahkodai kapalQueen.

Dari luar tidak tampak apapun pergolakan yang terjadi di dalam. Brian May, Freddie Mercury, John Deacon dan Roger Taylor berusaha membawa Queen pada kemauan mereka masing-masing. Hebatnya mereka mampu menelurkan karya-karya yang disukai orang tanpa terkesan sebagai karya perorangan.

May mengungkapkan bila Queen sudah menggarap album, seolah grup itu akan bubar. Bukan sekali keempatnya berusaha untuk keluar dari grup ini, tapi berkali-kali. Sepanjang karfer Queen, keempatnya sudah kerap beradu, namun tetap dapat solid.

Banyak konflik kreativitas yang terjadi dan benturan hebat di dalam Queen. Namun justru benturan dan konflik itu yang membuat Queen melahirkan album-album yang tak terbantahkan di dunia musik rock. Begitu kaya baik sisi musik, lirik hingga bentuk performa lainnya. (psr)



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH