Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 Diklaim Jadi Prosesor Super Cepat

Muchammad YaniMuchammad Yani - Sabtu, 27 November 2021
Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 Diklaim Jadi Prosesor Super Cepat
Snapdragon 8 Gen 1 akan tersedia di Galaxy S22 tahun depan. (Foto: Screenrant)

MENJELANG peluncurannya yang dijadwalkan pada 30 November, terlihat bocoran benchmark AnTuTu dari prosesor mobile premium Qualcomm. Perkembangan ini terjadi hanya beberapa hari setelah Qualcomm mengumumkan skema penamaan di SoC terbarunya. Menurut perusahaan, chipset flagship generasi berikutnya akan disebut Snapdragon 8 Gen 1. Nama baru tersebut mencakup seri satu digit dan nomor generasi, yang dimulai dari chipset seri 8.

Snapdragon SoC baru diharapkan memberi daya pada berbagai smartphone flagship di tahun depan, termasuk seri Galaxy S22 dari Samsung di AS. Snapdragon 888 juga telah memperkuat Galaxy S21 sebelumnya, hal tersebut membuat chipset Qualcomm menjadi kebanggaan di smartphone unggulan Samsung.

Baca juga:

HUAWEI nova 9 untuk Pengalaman Multimedia Terbaik

Hanya ada dua SoC yang mampu tembus skor 1 jutaan. (Foto: Screenshot Twitter Abhishek Yadav)
Hanya ada dua SoC yang mampu tembus skor 1 jutaan. (Foto: Screenshot Twitter Abhishek Yadav)

Chipset tersebut menunjukkan bahwa Snapdragon 8 Gen 1 juga akan tersedia di Galaxy S22 tahun depan. Galaxy S series yang didukung Snapdragon biasanya tersedia untuk pasar AS, sementara pasar Eropa dan sebagian besar wilayah lain mendapatkan dukungan chipset Exynos.

Baca juga:

Ungkap si Pembohong dengan Teknologi Pelacak Gerakan Otot

Snapdragon 8 Gen 1 (alias Snapdragon 898) memiliki skor yang tinggi di AnTuTu benchmark sebesar 1.035.020 poin dan saat ini hanya dua SoC yang mampu tembus skor 1 jutaan. Chipset MediaTek Dimensity 9000 adalah salah satunya yang mampu melampaui 1 juta poin, lebih tepatnya 1.007.396 poin. Hal tersebut menunjukkan bahwa prosesor Snapdragon 8 Gen 1 sangat kompetitif.

SoC baru ini akan jauh lebih cepat daripada Snapdragon 888 dan 888+. (Foto: Screenrant)
SoC baru ini akan jauh lebih cepat daripada Snapdragon 888 dan 888+. (Foto: Screenrant)

Perlu dicatat bahwa meskipun skor total dari kedua chipset telah bocor, tetapi hasil untuk masing-masing komponen belum tersedia. Namun, jika kecepatannya masih dipertahankan, maka SoC baru ini akan jauh lebih cepat daripada Snapdragon 888 dan 888+ sebelumnya. Perangkat yang ditenagai oleh Snapdragon 888+ hanya dapat mencapai sekitar 800.000 poin di AnTuTu benchmark, yang menunjukkan bahwa prosesor generasi berikutnya lebih cepat 25%.

Menurut rumor yang beredar, chipset Snapdragon generasi berikutnya akan memiliki fabrikasi 4nm dan akan menyertakan inti Kryo 780 berdasarkan arsitektur Cortex v9 ARM. Lalu akan memperkenalkan juga GPU Adreno 730 dan prosesor sinyal gambar (ISP) Spectra 680. Namun Qualcomm masih belum memverifikasi dari salah satu rumor yang beredar, tetapi bisa saja itu akan berubah beberapa hari setelah perusahaan akhirnya meluncurkan flagship generasi berikutnya. (frs)

Baca juga:

Ogah Webcam Jelek, Microsoft Buat Persyaratan Baru

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan