Teknologi

Qualcomm Snapdragon 690 Rilis, Siap Dukung Konektivitas 5G dan Kamera 192 Megapixel

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Rabu, 17 Juni 2020
Qualcomm Snapdragon 690 Rilis, Siap Dukung Konektivitas 5G dan Kamera 192 Megapixel
Mendukung konektivitas 5G dan kamera 192 Megapixel. (Foto: The Verge)

PERUSAHAAN industri komunikasi Qualcomm, telah merilis chipset Snapdragon 690. Ini merupakan chipset pertama di seri ke-6 Snapdragon yang mendukung konektivitas 5G. Pasalnya, selama ini dukungan 5G hanya ada di seri ke-8 seperti Snapdragon 855 dan 865, serta seri ke-7 di Snapdragon 765.

Snapdragon 690 juga menjanjikan berbagai peningkatan dari chipset seri ke-6 sebelumnya. Melansir laman The Verge, Qualcomm menawarkan kinerja CPU 20 persen lebih cepat dan rendering grafis 60 persen lebih cepat dibandingkan Snapdragon 675.

Baca juga:

Oppo Akan Kembangkan Prosesor Buatan Sendiri

Snapdragon 690 ini juga didukung dengan refresh rate layar hingga 120 Hz yang memberikan sensai bermain gim halus dan lancar. Yang terpenting, seri ini sudah didukung dengan jaringan 5G menggunakan modem Snapdragon X51 5G.

Qualcomm Snapdragon 690 Dirilis, Siap Dukung Konektivitas 5G dan Kamera 192 Megapixel
Menyematkan beberapa fitur unggulan. (Foto: News Break)

“Mendorong ekspansi 5G ke Snapdragon seri ke-6 berpotensi membuat 5G dapat diakses lebih dari dua miliar perangkat di seluruh dunia,” kata Presiden Qualcomm Cristiano Amon.

Snapdragon 690 juga tidak sekadar mengunggulkan 5G. Chipset ini juga menyematkan sejumlah fitur seperti di kelas premium sebelumnya, seperti mendukung 4K HDR serta dukungan kamera hingga 192 Megapixel.

Baca juga:

Seri Redmi Note 9 Resmi Masuk ke Indonesia, ini Detailnya

Qualcomm juga menghadirkan teknologi Qualcomm AI Engine generasi ke-5 dalam chipset ini sehingga hasil tangkapan foto dan video lebih bagus dari biasanya.

Salah satu kemampuan AI tersebut mampu mendukung video zoom menjadi lebih smooth dan membantu voice translation serta menambah pengalaman gaming di smartphone.

Qualcomm Snapdragon 690 Dirilis, Siap Dukung Konektivitas 5G dan Kamera 192 Megapixel
Akan tersedia untuk ponsel dengan rentang harga Rp 4 jutaan. (Foto: Smartprix)

“Kami ingin membawa lebih banyak pengalaman unggulan ini agar pengalaman kamera yang lebih mendalam, gim yang intensif dan interaktif, dan asisten suara AI yang merespons dengan cepat,” jelas Direktur Senior Manajemen Produk Qualcomm Deepu John.

Nantinya, beberapa smartphone akan menyematkan chipset Snapdragon 690, seperti LG, Motorola, Sharp, Nokia, hingga TCL.

Mengutip laman CNET, nantinya ponsel berbasis Snapdragon 690 akan hadir pada akhir 2020 dengan rentang harga USD 300 atau sekitar Rp 4 jutaan. (and)

Baca juga:

OnePlus dan McLaren Akhiri Kerjasama Pembuatan Ponsel, Ada Apa?

#Tekno #Smartphone
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan