Teknologi

Qualcomm Memperluas Kemampuan 5G

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 06 Januari 2021
Qualcomm Memperluas Kemampuan 5G
Qualcomm terus mengembangkan teknologi 5G.(Foto: Istimewa)

QUALCOMM Technologies, Inc. mengumumkan peluncuran Qualcomm® SnapdragonTM 480 5G Mobile Platform, mobile platform seri 4 pertama yang dilengkapi dengan fitur 5G.

Snapdragon 480 terus membantu mendorong perkembangan lebih lanjut dari 5G, memungkinkan para pengguna mengakses konektivitas 5G berskala global dan performa yang teratas di kelasnya. Inovasi ini dilakukan untuk mendorong pengalaman di aktivitas yang terkait produktivitas maupun hiburan.

Baca juga:

Super Cepat, Qualcomm Quick Charge 5 Isi Penuh Baterai Ponsel dalam 15 Menit

"Qualcomm Technologies terus mempercepat komersialisasi 5G secara global untuk menjadikan smartphone 5G lebih mudah diakses, terutama saat seluruh orang di dunia terus terhubung dari jarak jauh," ujar Kedar Kondap, Vice President, Product Management, Qualcomm Technologies, Inc. dalam keterangan resminya.

Snapdragon 480 menghadirkan Snapdragon X51 5G Modem-RF System untuk mendukung mmWave dan Sub-6 GHz 5G; mode Standalone (SA) and Non-standalone (NSA); Time Division Duplexing (TDD), Frequency Division Duplexing (FDD), dan Dynamic Spectrum Sharing (DSS) untuk performa serta konektivitas perangkat selular terbaik.

Snapdragon X51 memungkinkan koneksi 5G multi-gigabit. (Foto: Istimewa)

Snapdragon X51 memungkinkan koneksi 5G multi-gigabit untuk mengunduh dan mengunggah secara cepat, serta mendukung berbagai frekuensi demifleksibilitas dan aksesibilitas. Dengan Qualcomm® FastConnectTM 6200, Snapdragon 480 menawarkan 2x2 Wi-Fi (Dual Wi-Fi Antenna) dengan rangkaian fitur Wi-Fi 6, seperti antena 8x8 dengan MIMO multi-pengguna untuk perluasan jangkauan dan performa, ditambah dengan Bluetooth 5.1, serta kemampuan audio nirkabel terkini.

Selain itu, Snapdragon 480 menghadirkan teknologi nirkabel tambahan terbaru seperti dukungan untuk GPS Dual-frequency dan NavIC untuk menentukan lokasi dengan lebih akurat.

Baca juga:

Qualcomm Snapdragon 690 Rilis, Siap Dukung Konektivitas 5G dan Kamera 192 Megapixel

Pengguna smartphone bisa tetap produktif lebih lama dan pengisian daya dengan lebih cepat. Platform yang didasarkan pada proses 8nm ini menghadirkan CPU Qualcomm® KryoTM 460 dengan kecepatan hingga 2.0 GHz, GPU Qualcomm® AdrenoTM 619. Kemudian, prosesor Qualcomm® HexagonTM 686 untuk menghadirkan peningkatan performa CPU. Tidak ketinggalan GPU hingga 100 persen, serta peningkatan performa AI hingga 70 persen dibandingkan generasi sebelumnya.

Snapdragon 480 juga mendukung teknologi Qualcomm® Quick ChargeTM 4+. (Foto: Unsplash/Mika Baumeister)

Snapdragon 480 juga mendukung teknologi Qualcomm® Quick ChargeTM 4+, pertama dalam seri 400. Pengambilan foto dan video berkualitas dengan Qualcomm SpectraTM 345 ISP triple ISP pertama untuk seri 400, mampu menangkap gambar dari tiga kamera secara bersamaan.

Tiga kamera 13MP mampu mengambil gambar dari kamera ultrawide, wide, dan telephoto secara bersamaan atau menangkap video resolusi 720p secara serentak.

Snapdragon 480 meningkatkan pengalaman streaming dan gaming pengguna. Dukungan tampilan 120fps FHD+ menyediakan tampilan konten yang luar biasa jernih dan rendering grafis yang cepat serta lancar.

Platform ini menawarkan pengalaman hiburan sangat imersif dengan audio Qualcomm® aptXTM, yang mengoptimalisasi pengalaman gaming untuk permainan-permainan yang populer, streaming konten HD dengan mulus, dan durasi membuka aplikasi yang lebih cepat. (ikh)

Baca juga:

Per 2021, Ponsel Samsung Dijual Tanpa Charger?

#Qualcomm #Snapdragon #Prosesor #Prosesor Cepat #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan