Quadrupedal Senjata Robot Anjing Dari AS

Muchammad YaniMuchammad Yani - Jumat, 22 Oktober 2021
Quadrupedal Senjata Robot Anjing Dari AS
Robot anjing yang dilengkapi dengan senjata (Foto: Instagram/ghostrobotics)

ROBOT quadrupedal adalah salah satu perkembangan paling menarik dalam robotika di beberapa tahun terakhir. Berbentuk kecil, gesit dan mampu melewati lingkungan yang buruk sekalipun.

Mengutip dari Verge, robot ini mempunyai kaki empat layaknya anjing. Tipe Unit vision 60 yang dibuat oleh perusahan AS Ghost Robotics yang telah dilengkapi dengan senjata khusus oleh spesialis senjata kecil Sword International. Tampaknya pistol itu sendiri dirancang untuk dipasang ke berbagai platform robot. Ini memiliki zoom optik 30x, kamera termal untuk penargetan dalam gelap, dan jangkauan efektif 1.200 meter.

Baca juga:

Dapatkah Robot Membantu Kesehatan Mental Manusia?

Namun tidak jelas apakah Sword International atau Ghost Robotics saat ini menjual kombinasi senjata dan robot. Akan tetapi sepertinya akan segera menjual produk ini.

Mesin itu dipamerkan untuk pertama kalinya pada konferensi tahunan Asosiasi Angkatan Darat Amerika Serikat tahun 2021 awal pekan ini. Konferensi tersebut menyebut dirinya sebagai “forum eksposisi kekuatan tanah dan pengembangan profesional” yang diadakan di Washington DC, 11-13 Oktober.

Detail tentang kemitraan antara Ghost dan Sword tidak jelas, tetapi robot berkaki empat Ghost sudah diuji oleh militer AS. Tahun lalu, Skuadron Pasukan Keamanan ke-325 di Pangkalan Angkatan Udara Tyndall di Florida menjadi unit pertama di Departemen Pertahanan yang menggunakan robot berkaki empat dalam operasi reguler. Para tentara menggunakan robot untuk berpatroli di perimeter pangkalan, menavigasi daerah rawa yang tidak bisa di masuki manusia dan kendaraan.

Meskipun pengintaian adalah salah satu kasus penggunaan yang paling jelas untuk anjing robot, pabrikan perlahan-lahan bereksperimen dengan muatan lain. Selain menyediakan video dan pemetaan jarak jauh, mesin tersebut dapat digunakan sebagai menara seluler, untuk menjinakkan bom, atau untuk mendeteksi materi kimia, biologi, radiologi, dan nuklir.

Baca juga:

Robot Menggantikan Peran Manusia, Perlukah Khawatir

Boston Dynamics, produsen robot berkaki empat yang paling terkenal dan pembuat Spot, namun untuk pembuatan robot ini memiliki kebijakan ketat untuk tidak mempersenjatai mesinnya. Namun itu tidak di patuhi karena banyak perusahaan sudah menjual platform senjata tanpa awak yang menggunakan tapak atau roda tangki.

Pertanyaan yang lebih besar adalah bagaimana robot-robot ini akan dikerahkan di masa depan dan tingkat pengawasan apa yang diperlukan ketika mereka mulai menembakkan peluru mematikan ke manusia.

Sementara waktu, para ahli telah memeringatkan tentang peningkatan lambat dalam penggunaan robot pembunuh. dan kebijakan resmi AS tidak melarang pengembangan atau penyebarannya. Banyak kelompok yang berkampanye untuk larangan preemptive pada sistem seperti itu, tetapi, sementara itu, tampaknya perusahaan akan terus membangun apa yang mungkin, dan itu berarti menodongkan senjata ke robot anjing. (Jhn)

Baca juga:

Kiska si Orca Kesepian

#Robot #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan