Finansial

Qoala Plus Dongkrak Pemasaran Asuransi secara Digital

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Selasa, 18 Januari 2022
Qoala Plus Dongkrak Pemasaran Asuransi secara Digital
Qoala Plus menjadi sarana yang membantu terciptanya inklusi keuangan di Indonesia (Foto: merahputih.com/Raden Yusuf Nayamenggala)

KEHADIRAN industri insurance technology (insurtech) dengan penggunaan teknologi yang mendukung memberikan solusi kemudahan akses asuransi dari hulu ke hilir bagi seluruh masyarakat.

Secara garis besar, insurtech menjadi sarana yang membantu terciptanya inklusi keuangan di Indonesia. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menargetkan tingkat inklusi keuangan Indonesia naik hingga 90 persen pada 2024.

Baca Juga:

Deretan Hal Penting yang Perlu Diketahui Tentang Asuransi

Sementara itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat indeks inklusi keuangan nasional di 2019 mencapai 76,19 persen dengan tingkat literasi keuangan sebesar 38,03 persen.

Target tersebut berjalan searah dengan misi Qoala Plus, yakni memberikan kemudahan bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia untuk bisa memasarkan dan memperoleh asuransi secara lebih mudah dan terjangkau.

Qoala Plus memberikan kemudahan bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia, agar bisa memasarkan dan memperoleh asuransi secara lebih mudah dan terjangkau (Foto: istimewa)

Hal tersebut dipaparkan Direktur Bisnis Qoala Plus Tirto Utomo. Tirto menyebutkan kehadiran Qoala Plus memungkinkan tenaga pemasar asuransi atau Mitra Qoala Plus untuk menemukan produk asuransi terbaik.

"Mulai dari asuransi HCP (hospital cash plan), asuransi perjalanan, asuransi mobil, asuransi properti, hingga asuransi jiwa dan kesehatan. Para tenaga pemasar itu akan menjadi roda penggerak pertumbuhan penetrasi asuransi yang bersinggungan langsung dalam menciptakan inklusi keuangan, selaras dengan target pemerintah," jelas Tirto.

Sejak didirikan pada 2018 lalu, Qoala Plus sebagai platform digital dan salah satu unit bisnis perusahaan insurtech Qoala mengoptimalkan pelayanan lewat aplikasi yang mudah diakses dan inovasi produk asuransi digital.

Aplikasi Qoala plus memudahkan para tenaga pemasar untuk menawarkan sejumlah produk dengan proses end to end, yang bisa dilakukan secara digital serta mempercepat proses verifikasi dan penerbitan polis.

Sistem digital tersebut tentunya mempermudah para tenaga pemasar mendapatkan komisi secara instan dan tak terbatas. Variasi produk yang komprehensif dimiliki Qoala Plus memberikan kesempatan bagi para tenaga pemasar menawarkan lebih banyak produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Baca Juga:

Pentingnya Asuransi Kesehatan Bagi Pekerja Milenial

Pada 2021, Qoala berhasil menjadi salah satu perusahaan insurtech terbesar di Asia Tenggara, khususnya dalam hal penjualan asuransi ritel.

Hal tersebut didukung dengan pencapaian Qoala Plus yang mencatatkan pertumbuhan angka pemasaran produk asuransi hingga lebih dari lima kali lipat jika dibanding dengan 2020.

Pertumbuhan itu juga diikuti dengan lebih dari 50 ribu tenaga pemasar baru yang bergabung dengan Qoala Plus di 2021. Mereka tersebar di Batam, Medan, Lampung, Jakarta, Bandung, Cirebon, Solo, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Samarinda, Makassar, hingga Manado.

Qoala Plus bermanfaat bagi sejumlah perusahaan asuransi, dengan membantu penjualan produk lewat kanal distribusi baru. (Foto: merahputih.com/Raden yusuf nayamenggala)

Senior Vice President Sales Qoala Plus Banua Sianturi menjelaskan beberapa manfaat yang bisa didapat dari aplikasi Qoala Plus. "Aplikasi ini bermanfaat bagi sejumlah perusahaan asuransi, dengan membantu penjualan produk lewat kanal distribusi baru, melalui akses serta layanan yang terdigitalisasi," jelasnya, saat ditemui Merahputih.com di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (18/1).

Untuk 2022 ini, Qoala Plus menargetkan pertumbuhan angka pemasaran asuransi lebih dari 5 kali lipat dari 2021. Hal tersebut sejalan dengan visi Qoala untuk turut mengembangkan industri asuransi nasional dan meningkatkan angka inklusi keuangan di Indonesia.

Qoala Plus juga turut serta meningkatkan kesejahteraan tenaga pemasar melalui peningkatan kecanggihan teknologi, yang memberikan kemudahan akses asuransi.

Tak lupa, Qoala Plus juga terus mengedukasi tenaga pemasar serta mendorong digitalisasi proses kerja agar tenaga pemasar menjadi lebih produktif. (Ryn)

Baca Juga:

Perlindungan Asuransi untuk Pembelian di E-commerce

#Finansial #Asuransi Jiwa #Asuransi #Asuransi Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan