PVMBG Turunkan Status Gunung Agung Jadi Siaga

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 29 Oktober 2017
PVMBG Turunkan Status Gunung Agung Jadi Siaga
Rekahan kawah Gunung Agung (Foto: BNPB)

MerahPutih.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menurunkan status Gunung Agung dari level IV ke level III, Minggu (29/10). Penurunan ini disebabkan lantaran aktivitas kegempaan Gunung Agung menurun secara dratis sejak sepuluh hari terakhir.

Kepala PVMBG Kasbani memaparkan bahwa penurunan ini telah diteliti dengan cermat oleh tim PVMBG yang berkantor di Desa Rendang Karangasem. Dari sejumlah data yang tercatat melalui beberapa instrumen yakni seismik, GPS dan juga citra satelit yang menunjukkan adanya penurunan aktivitas Gunung Agung.

"Kami menurunkan ke level siaga, pada hari ini 29 Oktober 2017 pukul 16.00 Wita," ungkap Kasbani di pos pantau Gunung Agung, Desa Rendang Karangasem.

Dari hasil pengamatan secara visual maupun penginderaan satelit menunjukkan sejak tanggal 20 Oktober hingga kini mengalami penurunan yang cenderung stabil sehingga pihaknya memutuskan untuk menurunkan status Gunung Agung. Dari data seismik sejak tanggal 20 hingga 29 Oktober tercatat hanya 1.916 kegempaan vulkanik dan tektonik.

Sedangkan dari pengamatan indera satelit ASTER TIR mengindikasikan adanya penurunan magmatik sejak tanggal 14 Oktober 2017.

"Kita juga menerbangkan drone dari sana terlihat adanya penurunan aktivitas di kawah Gunung Agung," tandasnya.

Berita ini merupakan laporan Raiza Andini, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Bali dan sekitarnya.

#Gunung Agung #Bali
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan