PVMBG Pastikan Gunung Gede-Pangrango dan Salak Berstatus Normal

Thomas KukuhThomas Kukuh - Sabtu, 11 April 2020
PVMBG Pastikan Gunung Gede-Pangrango dan Salak Berstatus Normal
Ilustrasi: Gunung Gede Pangrango. (Foto: instagram.com/sannyshalieana)

MerahPutih.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memastikan Gunung Gede-Pangrango dan Gunung Salak yang berada di daerah Bogor, Jawa Barat, saat ini masih berstatus normal. Hal tersebut diungkapkan PVMBG setelah heboh suara dentuman yang terjadi pada Sabtu (11/4) dini hari.

"Gunung Salak dan Gunung Gede masih normal statusnya. Tidak ada tanda-tanda," kata Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG Kementerian ESDM Hendra Gunawan saat dikonfirmasi, Sabtu (11/4).

Baca Juga: Netizen Ramai Bicarakan Suara Dentuman, PVMBG: Bukan dari Letusan Anak Krakatau

Hendra juga mengatakan Gunung Anak Krakatau yang sempat erupsi pada Jumat (10/4) malam hingga Sabtu (11/4) dini hari tadi, sekarang kondisinya sudah mulai mereda. “Saat ini, kondisi Gunung Anak Krakatau aman. (Aktivitas gunung Anak Krakatau) sudah reda sejak Sabtu siang,” ungkapnya.

Gunung Anak Krakatau
Ilustrasi-Gunung Anak Krakatau (ANTARA/HO)

Sebelumnya, heboh suara dentuman yang terdengar di beberapa daerah seperti Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang Selatan, pascaerupsi Gunung Anak Krakatau.

Baca Juga: Erupsi Gunung Anak Krakatau tak Picu Tsunami

Namun, PVMBG memastikan bahwa suara dentuman itu tidak ada kaitannya dengan erupsi Gunung Anak Krakatau. Justru tidak ada suara dentuman yang terdengar dari dua pos yang berdekatan dengan Gunung Anak Krakatau. (Pon)

Bagikan
Ditulis Oleh

Thomas Kukuh

Bagikan