PVMBG Khawatir Terjadi Letusan Dahsyat Gunung Agung saat Gerhana Bulan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 31 Januari 2018
PVMBG Khawatir Terjadi Letusan Dahsyat Gunung Agung saat Gerhana Bulan
Gunung Agung di Karangasem, Bali. (MP/Raiza Andini)

MerahPutih.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi memprediksi bakal ada letusan dahsyat pada saat terjadinya gerhana bulan total yang akan terjadi malam ini, Rabu (31/1). Masyarakat diminta meningkatkan kesiapsiagaan.

Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM I Gede Suantika memaparkan bahwa saat terjadinya gerhana bulan, Gunung Agung yang tengah aktif dan dipenuhi magma akan memicu terjadinya letusan dahsyat saat gerhana bulan total berlangsung hari ini.

“Saya khawatirnya ada letusan itu, siapa tahu ada pengaruhnya pada saat gerhana bulan, sebab pada saat itu kan akan terjadi daya tarik menarik antara bumi dan bulan, ini akan dapat mempengaruhi letusan, masyarakat diimbau jangan beraktivitas” ungkap Suantika kepada merahputih.com saat dikonfirmasi, Kamis (31/1).

Pada saat terjadinya gerhana bulan total, jarak antara bulan dan bumi sejauh 358.995 kilometer. Dengan demikian, beberapa gunung api yang tengah aktif akan memicu terjadinya letusan dahsyat.

“Gerhana bulan ini kan terjadinya pada saat bulan purnama ya, jarak antara bumi dan bulan sangat dekat, dan gaya gravitasi akan terjadi ini akan mempengaruhi gunung api yang tengah aktif,” tambahnya.

Dengan demikian, prediksi terjadinya letusan akan ada pada saat terjadinya gerhana bulan total. Suantika mengimbau kepada masyarakat agar dapat menjalani rekomendasi yang diberikan oleh PVMBG untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Saya imbau untuk tidak beraktivitas apa pun di Gunung Agung dalam radius enam kilometer saat terjadinya gerhana,” tutupnya. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Raiza Andini, kontributor merahputih.com untuk wilayah Bali dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya terkait Gunung Agung dalam artikel: Gunung Agung Erupsi Lagi, BNPB: Bandara Ngurah Rai Aman

#Gunung Agung #Bali
Bagikan
Ditulis Oleh

Raiza Andini

Bagikan