Relationship
Putusin Pacar tanpa Drama Butuh keahlian untuk putus secara baik-baik. (foto: pixabay/freephotos)

PUTUS cinta sering kali merupakan proses panjang yang menyakitkan, ditandai dengan kecocokan dan permulaan, perdebatan internal, dan banyak negosiasi dengan pasangan. Satu studi menemukan bahwa butuh 16 langkah untuk putus dengan seseorang.

Di sisi lain ada pula ghosting, istilah menghilang tiba-tiba tanpa alasan, yang belakangan pupuler. Namun, jika hubungan cukup santai, kamu bisa saja putus dengan tenang hanya dengan berhenti berkomunikasi.

Dari dua titik esktrem langkah memutuskan hubungan itu, ada jalan tengah. Bahkan dalam situasi putus yang tidak nyaman, kamu tetap dapat berpisah dengan baik-baik tanpa menghancurkan harga diri. Penelitian menunjukkan, proses putus semacam itu membutuhkan serangkaian keterampilan.

BACA JUGA:

Bahaya 'Helicopter Parenting' bagi Tumbuh Kembang Buah Hati

Baik penelitian budaya dan teori-teori relasi mengajarkanmu bahwa hubungan membutuhkan usaha untuk membuatnya bertahan lama. Namun, hubungan apa yang layak untuk dipertahankan? Usaha apa yang diperlukan dan sehat untuk dilakukan? Dan mungkin yang paling penting: Bagaimana kamu tahu kapan waktunya berhenti berusaha dan putus saja?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak secara langsung dijawab dalam penelitian 'Is Breaking Up Hard to Do? Exploring Emerging Adults' Perceived Abilities to End Romantic Relationships' yang dipublikasikan di Jurnal Family Relations pada 2019.

Sebaliknya, Dr. Jonathon Beckmeyer dan Tyler Jamison, Ph.D., Associate Professor of Human Development and Family Studies di University of New Hampshire, AS, memutuskan untuk mengeksplorasi apa yang diperlukan untuk berhasil putus dengan seseorang. Berikut yang mereka temukan seperti yang ditulis Jamison dalam Psychology Today (25/9).

1. Tahu Kapan Harus Putus

putus
Dalam situasi putus yang tidak nyaman, kamu tetap dapat berpisah dengan baik-baik. (crushpixel.com)

"Dr. Beckmeyer dan saya telah menghabiskan sebagian besar karier kami untuk mempelajari orang dewasa baru atau mereka yang berusia 18-29 dan masih mencari tahu siapa diri mereka, karier apa yang mereka inginkan, dan pendidikan apa yang harus dikejar. Mereka biasanya merasa seperti berada di antara masa remaja dan dewasa, dan dunia tampaknya penuh dengan kemungkinan bagi mereka," tulis Jamison.

Selama masa dewasa yang baru muncul, orang-orang juga mengeksplorasi pilihan mereka untuk hubungan. Penelitian menunjukkan, mereka harus mencari cara untuk mengoordinasikan hubungan percintaan dengan rencana pendidikan dan karier.

Selain alasan yang lebih jelas untuk putus (misalnya, pelecehan fisik, emosional, atau seksual), penting untuk menilai apakah hubungan kamu sesuai dengan tujuan pribadimu.

Apakah hubunganmu menghadirkan hambatan untuk menyelesaikan pendidikan atau mengambil pekerjaan yang kamu butuhkan dan inginkan? Apakah kamu merasa didukung oleh pasangan ketika mengejar tujuan hidupmu? Apakah pasangan ingin menjalani kehidupan yang serupa denganmu dalam hal keseimbangan pekerjaan dan keluarga, memiliki anak, dan lokasi geografis?

Pertanyaan-pertanyaan ini sangat penting untuk orang dewasa baru. Jika kamu berada dalam hubungan yang bahagia, sehat, dan mendukung, kamu dapat bekerja sama untuk memastikan setiap tujuan tercapai. Jika tidak, mungkin ini saatnya untuk putus.

2. Pertegas Status Hubungan

putus
Penting untuk menilai apakah hubungan kamu sesuai dengan tujuan pribadimu. (123RF/roboriginal)

Putus hubungan dengan seseorang bisa membuat stres, terutama jika kamu sudah lama bersama. Sayangnya, jika kamu tidak memperjelas hubungan dan mengatakannya langsung saat putus, dia akan bingung tentang status. Dalam hal ini, proses putus dapat berlarut-larut atau kamu akhirnya balik kembali ke dalam hubungan.

Apakah gaya putus kamu lebih fokus pada diri sendiri (bagaimana hal ini memengaruhiku?) atau pada orang lain (bagaimana aku dapat meringankan ketidaknyamanan dia?), memperjelas niatmu untuk mengakhiri hubungan merupakan tindakan yang baik untuk semua pihak. Kamu bisa keluar dari hubungan dan dia tidak bertanya-tanya apa yang terjadi.

3. Terimalah dan Move on

putus
Memperjelas niatmu untuk mengakhiri hubungan akan baik untuk semua pihak. (123RF/rawpixel)

Coba bayangkan kamu berada di sisi lain dari perpisahan ini. Tugasmu adalah menerima keinginan pasangan untuk putus. Kamu mungkin tidak setuju dengan alasan mereka untuk mengakhiri hubungan, tetapi kamu tidak bisa tidak setuju dengan perpisahan itu sendiri.

Benar-benar menerima perpisahan mungkin juga berarti memutuskan ikatan yang kamu miliki dengan orang itu di media sosial. Penelitian menunjukkan, tetap terhubung cenderung menyebabkan stres, kemarahan, dan rasa sakit tambahan. Ini juga membuat kamu berinvestasi secara psikologis dalam kehidupan dia dan mencegah kamu move on, terpisah darinya.

Jika kamu benar-benar berpikir hubungan itu masih memiliki potensi, pertimbangkan petuah lama dari Khalil Gibran, “Jika kamu benar-benar mencintai seseorang, lepaskan dia, karena jika kembali, dia sebenarnya selalu milikmu. Dan jika tidak, dia tidak pernah menjadi milikmu.” Kuncinya adalah kamu harus rela melepaskannya.

4. Jangan Tunda Putus

putus
Menerima perpisahan juga berarti memutuskan ikatan pada media sosial si dia. (123RF/woodoo007)

Setelah kamu tahu hubungan itu tidak sehat atau tidak memuaskan, akhiri saja. "Dalam studi lain, kami mengeksplorasi apa yang terjadi ketika orang berlama-lama dalam hubungan yang tidak membahagiakan. Kalau dipikir-pikir, orang-orang yang kami wawancarai sangat menyesal karena mereka tidak mengakhiri hubungan lebih awal," tulis Jamison.

Dia menambahkan, mereka merasa terjebak, tetapi mereka mengalami kesulitan mengatasi hambatan yang mereka lihat untuk meninggalkan hubungan, apakah itu hidup bersama, terjerat dengan keluarga pasangan, atau memiliki anak bersama.

Perpisahan bisa menyakitkan dan sulit, apakah kamu "orang yang meninggalkan" atau "yang ditinggalkan". Namun, ini semua merupakan bagian normatif dari proses menjadi dewasa.

Meninggalkan hubungan yang tidak berhasil (atau menerima ketika seseorang ingin mengakhiri hubungan) membantu kamu bergerak menuju jenis kemitraan yang benar-benar diinginkan. Kuncinya adalah berusaha dan belajar dari pengalaman agar hubungan selanjutnya yang kamu bentuk lebih kuat dan lebih membahagiakan.(aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Perilaku Zodiak Ketika Kehilangan Minat Pada Pasangannya
Fun
ABBA Berikan Kado Natal Berupa Video Musik ‘Little Things’
ShowBiz
ABBA Berikan Kado Natal Berupa Video Musik ‘Little Things’

Grup legendaris asal Swedia ini memberi kado natal lebih awal.

4 Tren Era 70an ini Akan Hits Kembali di Musim Panas 2021
Fashion
4 Tren Era 70an ini Akan Hits Kembali di Musim Panas 2021

Cocok untuk OOTD di Indonesia yang beriklim tropis.

Pengembang PUBG akan Bikin Game Terinspirasi Novel
Fun
Pengembang PUBG akan Bikin Game Terinspirasi Novel

Game ini masih dalam tahap awal pengerjaan.

Serial Televisi Jagoan Negeri Aing Paling Eksis Era 90-an
Hiburan & Gaya Hidup
Serial Televisi Jagoan Negeri Aing Paling Eksis Era 90-an

Berikut beberapa jagoan paling ikonik di serial televisi bagi Generasi 90. Tak hanya aksi murid Sinto Gendeng tersebut. Dari anak kecil hingga orang dewasa pun

Google Doodle untuk Ibu Kasur, Tokoh Pendidikan Indonesia
Hiburan & Gaya Hidup
Google Doodle untuk Ibu Kasur, Tokoh Pendidikan Indonesia

Sandiah mendapat julukan Ibu Kasur karena suaminya bernama Soerjono, dipanggil Pak Kasur.

Zoom Rilis ‘Focus Mode’ agar Pengguna Terhindar dari Distraksi
Fun
Zoom Rilis ‘Focus Mode’ agar Pengguna Terhindar dari Distraksi

Fokus pengguna tetap terjaga dengan adanya fitur 'Focus Mode'.

Gandeng Kreator Baby Shark, 'Hot Sauce’ NCT Dream Dibuat Versi Animasi
ShowBiz
Gandeng Kreator Baby Shark, 'Hot Sauce’ NCT Dream Dibuat Versi Animasi

Juga menghadirkan karakter-karakter buatan Pinkfong.

Tips Mudah dan Aman Menyalip Mobil Lain di Jalan Raya
Fun
Tips Mudah dan Aman Menyalip Mobil Lain di Jalan Raya

Jangan asal menyalip kendaraan lain, perhatikan dulu tips-tips mudah dan aman dalam menyalip

Makin Banyak Diakses, Tiktok Geser Google
Fun
Makin Banyak Diakses, Tiktok Geser Google

Telah memegang posisi nomor satu sejak Agustus.