Fashion

Putri Samboda Ubah Bungkus Kemasan Jadi Fesyen

P Suryo RP Suryo R - Senin, 30 Agustus 2021
Putri Samboda Ubah Bungkus Kemasan Jadi Fesyen
Putri Samboda ubah sampah jadi baju dan aksesoris fesyan lainnya. (Foto: Instagram@putrisamboda)

KREATIVITAS tak ada batasnya. Tangan kreatif Putri Samboda bisa mengubah karung tepung jadi baju kekinian. Ia juga membuat bungkus makanan dan minuman jadi aksesoris yang berguna, seperti anting-anting, ikat pinggang, dan kalung.

Karya-karya yang dibuatnya ini menarik perhatian warganet di akun Instagramnya @putrisamboda. Putri juga menyulap gayung, kaleng kerupuk, bungkus mie menjadi tas yang keren.



Baca Juga:

Pilot Activity, Program Pengelolaan Sampah di Labuan Bajo oleh Sekretariat TKN

putri
Celana dari bungkus mie instan. (Foto: Instagram@putrisamboda)


Putri Samboda yang saat ini tinggal di Washington D.C., Amerika Serikat, sudah mulai mendaur ulang sampah bekas bungkus makanan sejak 2018. Namun karena sibuk dengan kegiatan lain, ia memutuskan untuk tidak melanjutkan untuk membuat karya baru.

Menurut laman detik.com, pada masa karantina 2020 lalu, Putri Samboda mulai kembali melakukan daur ulang. Ide itu kembali muncul saat tidak ada kegiatan. Dia membongkar lemari pakaiannya, menemukan banyak baju yang sudah tidak terpakai. Dia berpikir sangat sayang jika dibuang.

Putri pun mulai bereksperimen dengan menggunting bagian sepatu dan pakaiannya yang rusak. “Awalnya aku cuma tempel-tempel bungkus permen susu ke sepatu karena takut rusak. Tapi lama-lama aku gunting-gunting juga sepatu, baju, dan lainnya untuk eksperimen,” ungkap Putri Samboda.

Baca Juga:

Literasi Penanganan Sampah Medis Perlu Ditingkatkan

putri
Unggahan karya Putri Samboda di saat karantina 2020. (Foto: Instagram@putrisamboda)

Terdapat salah satu unggahannya yang membuat banyak orang Indonesia kagum dengan kreativitasnya. Dia membuat celana dari bungkus mie instan, lalu ia berfoto di sebelah mobil dengan tulisan “INDOMIE” di platnya.

“Kalau celana dari Indomie aku bikin iseng-iseng aja untuk sesuai sama plat mobilku, ternyata pada suka,” tambahnya.

Baginya, busana daur ulang berbahan plastik ini sesuatu yang umum dan telah dibuat oleh banyak orang. Dia mengatakan bahwa hanya mengombinasikan ide ini dengan gaya. Konsep yang Putri terapkan yakni dengan mengkombinasi high fashion brand dengan barang recehan yang tidak terlihat norak.

Baca Juga:

Gunakan Sampah Dapur sebagai Pupuk Tanaman Lebih Efektif

putri
Bungkus mie instan jadi topi dan masker. (Foto: Instagram@putrisamboda)

Hal yang membuatnya tertarik untuk membuat fesyen daur ulang ini, karena Putri tidak suka terlihat monoton. Alasan lainnya juga karena dia tidak terlalu tertarik untuk mengikuti tren fesyen.

Pada dasarnya dia mengombinasikan makanan dengan pakaian ini karena menyukai kedua hal tersebut. Sehingga tercetusnya ide ini. Kreativitas seperti ini seharusnya perlu terus dikembangkan khususnya di Indonesia. Dari laman Bisnis.com, data sampah dari PT Inocycle Technology Group Tbk. (INOV) yakni total sampah plastik yang berhasil dikumpulkan selama kuartal pertama 2021, sebanyak 11.600 ton.

Sebagian dari jumlah tersebut dikumpulkan melalui Plasticpay. Ini merupakan gerakan sosial berbasis kanal digital yang mengajak masyarakat untuk mengubah sampah plastik menjadi barang yang berguna. Sebagian besar botol plastik yang dikumpulkan berasal dari pengepul. Mereka juga berharap akhir tahun ini, jumlah sampah plastik yang terkumpul dan diolah menjadi serat daur ulang dapat meningkat 10 hingga 15 persen.

Baca Juga:

Jagoan Ubah Sampah Plastik Jadi Karya Bernilai Ekonomi

sampah
Kreativitas mengubah sampah menjadi kreasi berseni. (Foto: Unsplash/Noah Buscher)

Pentingnya melakukan daur ulang yakni, membantu untuk mengurangi penumpukan sampah plastik yang dapat merusak lingkungan. Solusi lainnya, untuk mengurangi sampah plastik, kamu bisa menghindari pemakaian barang sekali pakai.

Upaya seperti ini menjadi salah satu langkah kecil, untuk membangun lingkungan yang lebih bersih dan bebas dari penyakit, serta mengurangi kerusakanan. Hal kecil ini bisa dimulai dari sampah plastik rumahan, seperti yang dilakukan oleh Putri Samboda. Kemudian, mulai beranjak ke lingkungan yang ada di sekitar kita. (Cil)

Baca Juga:

Tukang Sampah Jagoan Negeri Aing Bersihkan Lingkungan Meski Sering Dilupakan

#Fashion #Lipsus Bulanan Agustus
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan