Putri Megawati Ingatkan Anak Jokowi Ikuti Prosedur PDIP Maju Pilkada Solo Gibran Rakabuming Raka di acara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Pondok Pesantren Al-Muayyad, Kelurahan Purwosari, Kecamatan Laweyan,Solo, Jawa Tengah, Sabtu (26/10). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani mengakui peluang putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka masih terbuka untuk maju pada Pemilihan Wali Kota Solo 2020.

"Pertama mendaftar dulu kemudian masuk fit and proper dan lain-lain, kemudian baru diputuskan," kata Puan, kepada wartawan, Senin (28/10).

Baca Juga:

Gibran Bertemu Megawati Demi Rekomendasi Pilwalkot Solo, Pengamat: PDIP Bakal Pecah

Puan menjelaskan ada beberapa jenjang pendaftaran bakal calon kepala daerah di PDIP. Pertama, bakal calon mendaftar melalui Dewan Pimpinan Cabang. Jika tak bisa melalui DPC, bakal calon bisa mendaftar melalui Dewan Pimpinan Daerah atau Dewan Pimpinan Pusat.

"Kalaupun di DPD itu sudah tutup kemudian yang bersangkutan itu bisa mencalonkan melalui DPP partai. Jadi jenjang itu sebenarnya masih bisa dilakukan. Dan mekanisme itu bisa saja dilakukan," tutur Ketua DPR RI itu.

Ketua DPR RI periode 2019-2024, Puan Maharani. (ANTARA FOTO/Istimewa)
Ketua DPR RI periode 2019-2024, Puan Maharani. (ANTARA FOTO/Istimewa)

Artinya, kata Puan, kesempatan Gibran mengikuti jejak karier politik ayahnya Presiden Jokowi yang pernah menjadi Wali Kota Solo masih terbuka lebar. Namun, dia mengingatkan Gibran memiliki kesempatan yang sama dengan calon lain sebelum ada keputusan resmi dari PDIP tentang siapa yang bakal diusung dalam Pilkada Solo.

Baca Juga

Sebelum Maju Jadi Calon Wali Kota, PDIP Bakal Tes Putra Sulung Jokowi

"Selama belum ada keputusan kami membuka lebar pintu pendaftaran bagi siapa saja yang berminat untuk maju pilkada atau menjadi calon yang akan ikut pilkada melalui jenjang kepartaian," tutup putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu.

Untuk diketahui, Gibran sebelumnya sudah sowan ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan menyampaikan serius berniat maju di pilwakot Solo 2020. Dia juga mengaku sudah memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) PDIP yang diperoleh lewat Dewan Pimpinan Cabang PDIP Solo.

DPC PDIP Solo sebenarnya telah memutuskan mengusung Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa di pilwakot Solo 2020. Tak bisa maju lewat DPC, Gibran menyatakan akan maju lewat DPP PDIP. (Knu)

Baca Juga:

DPC PDIP Usung Purnomo-Teguh di Pilwakot Solo, Peluang Putra Sulung Jokowi Gelap



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH