Putra Papua Mayjen TNI Herman Asaribab Jadi Panglima Kodam XII Tanjungpura Mayjen TNI Herman Asaribab saat masih menjabat Kasdam Cenderawasih (Foto: Antaranews.com)

MerahPutih.Com - Putra Papua Mayjen TNI Herman Asaribab dipilih menjadi Panglima Kodam XII Tanjungpura yang membawahi wilayah teritorial Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Mayjen TNI Herman Asaribab menggantikan Mayjen TNI Achmad Supriyadi yang akan memasuki masa pensiun.

Menurut PLH Kabidpenum Puspen TNI Letkol Abidin Tobba dalam keterangannya kepada media, pergantian itu merupakan bagian dari mutasi dan rotasi sejumlah jenderal yang dilakukan Mabes TNI.

"Mayjen TNI Herman Asaribab dari Staf Khusus Kasad menjadi Pangdam XII/Tpr," kata PLH Kabidpenum Puspen TNI, Letkol Inf Abidin Tobba di Jakarta, Selasa (19/3).

Mabes TNI menyebut mutasi ini untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier Perwira Tinggi. Ada 72 jenderal yang mengalami pergeseran jabatan.

Mayjen TNI Herman Asaribab adalah putra Papua kelahiran Jayapura 10 Juni 1964. Setelah lulus dari Akmil tahun 1988, dia meniti karir di Korps Infanteri. Ia dikaruniai 3 orang anak dan beberapa kali bertugas di tanah kelahirannya, Papua.

Mayjen TNI Herman Asaribab dalam sebuah acara di Mabes TNI
Mayjen TNI Herman Asaribab menyalami anggotanya di Kodam Cenderawasih (Foto: Antaranews)

Berikut jenjang karir Mayjen TNI Herman Asaribab sebagaimana dikutip dari laman wikipedia Indonesia:

Wadan Yonif 731/Kabaresi
Danyonif 751/BS Jayapura
Dansecaba Rindam Jaya/Jayakarta
Dandim 0505/Jakarta Timur.
Pabandya 1/Mindik Paban II/Bindik Spersad[4] (2009)
Danbrigif 20/Ima Jaya Keramo Timika[5] (2010)
Dirbinsen Pussenif (2011)
Danrem 172/Praja Wirajakti (2013)
Pamen Mabes TNI AD (2014)
Wadan Pussenif Kodiklat TNI AD[6][7] (2015)
Wadan Seskoad (2015)
Kasdam XVII/Cenderawasih (2015)
Pa Sahli Tk. III Bid. Banusia Panglima TNI (2017)

Gubernur Papua, Lukas Enembe mengatakan Pemerintah Provinsi Papua akan membiayai Komandan Korem 172/Praja Wira Yakthi Kolonel Inf. Herman Asaribab untuk melanjutkan pendidikan militernya di Amerika Serikat.

"Komandan Korem 172/Praja Wira Yakthi Kolonel Inf. Herman Asaribab, kita akan biayai untuk melanjutkan ilmu militernya di Amerika Serikat, tempat dimana, dulu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga mengikuti ilmu militer di negeri paman sam tersebut", ujar Lukas Enembe pada pembukaan Konferensi II Kamar Adat Pengusaha Papua Tahun 2013 silam.

Mayjen Herman berulangkali bertugas di Papua, antaralain menjadi Komandan Yonif 751 di Jayapura. Lalu menjadi Danbrigif 20/Ima Jaya Keramo Timika saat berpangkat kolonel tahun 2010. Dia kemudian bertugas di Jakarta dan Bandung, sebelum kembali menjadi Kasdam XVII/Cenderawasih tahun 2015 lalu.

Selamat bertugas Mayjen TNI Herman Asaribab.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Sandiaga Bangga, Rumah Siap Kerja Sudah Banyak Dipesan



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH