Putra Mahkota Saudi Puji Indonesia, Jokowi Dibukakan Pintu Kakbah Rombongan umrah Presiden Jokowi saat baru keluar dari dalam Kakbah. (Biro Pers Setpres)

MerahPutih.com - Putra Mahkota Kerajaan Saudi Muhammad bin Salman memuji stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi Indonesia saat menyambut Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bahkan, Jokowi bersama keluarga yang datang sekaligus melaksanakan ibadah umrah itu dipersilakan melihat langsung isi Kakbah.

Dalam pertemuan bilateral yang digelar di Istana Putra Mahkota Riyadh semalam, Salman juga menjamu Presiden dalam santap malam bersama. Indonesia-Arab Saudi sepakat untuk membentuk mekanisme konsultasi tingkat pemimpin dan melakukan pertemuan setahun sekali.

“Indonesia-Saudi juga sepakat segera melakukan pertemuan untuk membahas investasi dan kerjasama ekonomi lain,” kata Menteri Luar Retno Marsudi, yang turut mendampingi dalam rilis yang diterima, Senin (15/4).

jokowi putra mahkota
Presiden Jokowi bertemu Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi. Foto:Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden


Menurut Retno, Arab Saudi tertarik melakukan kerjasama di bidang energi dan petro kimia. Sebaliknya, Indonesia ingin menjadi bagian dari pelaksanaan Vision 2030 Arab Saudi.

“Putra Mahkota menghargai stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik. Indonesia dinilai beruntung memiliki pemimpin yang jelas dan maju,” tutup Retno.

BACA JUGA:

Masa Tenang Pemilu, Jokowi Mendarat di Mekkah

Raja Salman Hidangkan Nasi Mandhi untuk Presiden Jokowi

Dalam pertemuan, Putra Mahkota menyampaikan lagi keputusan penambahan kembali kuota haji sebesar 10.000 bagi Indonesia. Pemerintah Arab Saudi juga membukakan pintu Kabah bagi rombongan Jokowi yang menjalani ibadah umrah dalam kesempatan itu.

Jokowi
Presiden Jokowi mengenakan pakaian ihram dan Ibu Negara Iriana Jokowi mengenakan mukena saat tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah pada Senin dini hari (15/4/2019). (Biro Pers Setpres)

Berdasarkan video yang beredar, Jokowi bersama istri, Iriana Joko Widodo dan dua anaknya Kaesang Pengarep dan Gibran Rakabuming Raka dipersilakan masuk ke dalam Kakbah dengan pengawalan pasukan Kerajaan Arab Saudi. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH