Putra Ganteng Dewi Yull Ini Raih Prestasi Internasional Foto: WAN

MerahPutih Celeb - Tidak banyak yang mengetahui, jika Dewi Yull dan Ray Sahetapy memiliki seorang anak yang memiliki prestasi internasional. Anak ketiga mereka, Panji Surya Sahetapy tahun 2013 lalu, menjadi juara ketiga dalam kompetisi Information Technology, "Global IT for Youth with Disabilities" di Bangkok, Thailand.

Meski memiliki kekurangan sebagai penyandang tuna rungu, namun tak membuat remaja kelahiran 21 Desember 1993 itu patah semangat untuk menunjukkan prestasinya. Ia juga berulangkali mewakili Indonesia dalam ajang bergengsi para penyandang disabilitas.

Salah satu yang membanggakannya adalah saat diundang Ratu Elizabeth ke negerinya, untuk menghadiri ajang "The Event Celebrated Our Work Towards a World Where Every Person is Equally Valued". Dalam acara tersebut, Panji juga mewakili wadang Young Voice Indonesia ke istana Buckingham. Dalam acara tersebut, Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip hadir memberikan semangat dan antusiasnya kepada anak-anak penyandang disabilitas yang memiliki prestasi. Acara tersebut berlangsung pada Mei 2014 lalu.

"Prosesnya berlangsung singkat. Saya mendapatkan informasi melalui email undangan tersebut untuk bertemu Ratu Elizabeth," tulis Panji melalui surat elektronik kepada MerahPutih.com belum lama ini.

"Dalam surat tersebut disebutkan kenapa saya diundang, karena saya aktif dalam memperjuangkan hak-hak penyandang disabilitas bersama Young Voice Indonesia," tulis Panji lagi dengan ikon senyum.

Ia juga menjelaskan, jika acara tersebut dirancang Leonard Cheshire Disability (LCD) yang merupakan organisasi internasional untuk penyandang disabilitas yang berpusat di London. LCD memiliki 22 cabang organisasi di dunia, termasuk di Indonesia.

"Saya terpilih bersama Mba Dhani (penyandang low vision) dan Bu Santi selaku interpreter atas permintaan saya sebagai akses komunikasi dan informasi," jelas Panji melalui surat elektronik tersebut.

Saat ini panji tengah menekuni bidang IT dan berusaha untuk membuat aplikasi yang dapat memudahkan para penyandang disabilitas untuk tetap belajar untuk meraih masa depan mereka.

Hal menarik lainnya, meski penyandang tuna rungu, namun Panji tak menyerah untuk melanjutkan pendidikan bersama anak-anak normal lainnya. Ia tercatat sebagai mahasiswa Universitas Siswa Bangsa Internasional jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.

Berikut sejumlah aktivitas dan prestasi yang diperoleh Panji Surya Sahetapy:

  1. Pembicara dalam rangka peluncuran buku "Giska, Dari Kedunya Keluar Mutiara dan Marjan" di ITB Bandung, November 2008.
  2. Pembicara dalam seminar "OASE EXPO“, di Universitas AtmaJaya April 2010.
  3. Juara 1 Invitasi Futsal tingkat SD Lustrum SLB PL 2004.
  4. Top Scorer Invitasi Futsal tingkat SD PL CUP VII 2006.
  5. Juara 1 Invitasi Futsal tingkat SD PL CUP VII 2006.
  6. Juara 3 sepakbola antar Jakarta tingkat SMP RICCI CUP 2010.
  7. Meraih predikat sebagai 20 orang tuna rungu berprestasi mendapat hadiah ABD Widex Hearing Aid Melawai, November 2006
  8. Pembicara dalam acara “Psycho Special Needs II" di SLB Lebak Bulus, Mei 2012.
  9. Pembicara dalam seminar “Being Deaf” di UIN, Desember 2012.
  10. Juara 3 dalam kompetisi Information Technolgy “Global IT for Youth with Disabilities” di Bangkok, Thailand 2013.
  11. Pembicara dalam seminar “Keep in Touch with Deaf” di UIN, Oktober 2013.
  12. Terpilih sebagai peserta training “Calon Guru Bahasa Isyarat” selama 1 bulan di Universitas Indonesia dengan Laboratorium Riset Bahasa Isyarat UI bekerjasama dengan Nippon Foundation dan GERKATIN, Juni 2014.
  13. Mewakili Young Voices Indonesia ke London, Inggris dalam rangka “The event celebrated our work towards a world where every person is equally valued” dengan Ratu Elizabeth dan Pangeran Phillip yang diselenggarakan oleh Leonard Cheshire, Mei 2014.

(wan)

 

BERITA LAINNYA:

Emma Watson akan Bintangi Film Beauty and The Beast

Rapper Drake Pernah Menggoda Mia Khalifa?



Adinda Nurrizki

LAINNYA DARI MERAH PUTIH