Pussy Riot Dianugerahi Penghargaan Woody Guthrie 2023

Febrian AdiFebrian Adi - Selasa, 09 Mei 2023
Pussy Riot Dianugerahi Penghargaan Woody Guthrie 2023
Pussy Riot raih penghargaan. (Foto: Instagram/@pussyriot)

KELOMPOK musik punk rock asal Rusia yang selalu mengedepankan ideologi perjuangan melawan ketidakadilan Pussy Riot telah dianugerahi penghargaan Woody Guthrie 2023. Penghargaan tahunan itu diberikan Woody Guthrie Center dan dipersembahkan kepada seorang seniman yang mencerminkan semangat perjuangan.

Dalam sebuah pernyataan di media sosial mereka, Minggu (7/5), Pussy Riot mengatakan tentang kemenangan tersebut sebagai sebuah penghargaan atas karya mereka. “Kami telah menerima penghargaan Woodie Guthrie. Woody Guthrie ialah artis unik yang berjuang melawan ketidakadilan dan perang dengan lagu-lagunya,” cicit mereka dalam unggahan di Twitter.

Baca juga:

'Weather Srike', Kolaborasi Perlawanan dari Tom Morello dan Pussy Riot

“Merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk menerima penghargaan dari Nora Guthrie, penerus sejati pekerjaan ayahnya. Pada masa perang sulit mengerikan yang dimulai ole Putin melawan Ukraina, kami berjanji bahwa kami akan berjuang melawan perang ini dan rezim Putin sekeras yang kami bisa.”

Sejumlah anggota Pussy Riot menerima penghargaan tersebut secara langsung, dengan Nadya Tolokonnikova menambahkan dalam sebuah pesan jarak jauh. “Aku ingin berterima kasih banyak karena telah memberikan penghargaan ini kepada Pussy Riot. Ini suatu kehormatan besar bagi kami. Saya tahu bahwa jika kita semua berate, kita bisa melawan kejahatan.”

Pernyataan lebih lanjut dari band tersebut berbunyi. “Rasanya pas untuk diberikan penghargaan dalam semangat Woody, saya pikir dia akan menyukai pesan anti-fasis Pussy Riot. Biasanya ketika kami ditambahkan ke daftar, itu tidak selalu merupakan hal yang baik tetapi kami merasa terhormat berada di daftar ini. Kami tidak terlalu nge-folk, tapi kami juga tidak terlalu nge-punk, kami hanya berteriak dan memprotes sekeras mungkin, dan berharap kami bisa menunjukkan kepada orang lain bahwa mereka juga bisa melakukan hal yang sama.”

Baca juga:

Pussy Riot Penyusup Final Piala Dunia Diganjar Hukuman Bui

Sebelumnya Pussy Riot dan Tom Morello berkolaborasi dalam sebuah single berjudul Weather Strike. Sebuah single bernuansa rock mengentak sarat isu perlawanan pada pemerintah. Pentolan Pussy Riot Nadya Tolokonnikova mengatakan untuk single tersebut.

“Bagi Tom dan aku, politik selalu terkait erat dengan musik kami, seperti dua strip Mobius. Merupakan suatu kehormatan untuk berkolaborasi dan berteman dengan Tom. Aku merasa kuat, diberdayakan, didukung, dilihat, dihormati, ketika aku bekerja dengan Tom,” pungkasnya. (far)

Baca juga:

Hindia, Phum Viphurit, dan Junny akan Tampil Satu Panggung

#Musik #Selebritas
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan