Puspol Indonesia Prediksi KMP Mainkan Dua Pola Ritme Politik

Ana AmaliaAna Amalia - Senin, 15 Desember 2014
Puspol Indonesia Prediksi KMP Mainkan Dua Pola Ritme Politik

Merahputih Politik - Pemikir politik dan sosial Puspol Indonesia Ubedilah Badrun memprediksi Koalisi Merah Putih (KMP) akan memainkan dua pola terkait dinamika politik dalam menghadapi pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Dua pola tersebut adalah Pola bersatu dan pola berpencar," kata Ubed dalam siaran persnya kepada merahputih.com, Jakarta, Senin (15/12).

Ubed yang juga dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menambahkan Pola bersatu terjadi dalam isu-isu yang berhubungan dengan fungsi pengawasan DPR yang berkaitan dengan evaluasi kritis terhadap Pemerintah Jokowi-JK. Misalnya menggalang hak interpelasi, hak angket maupun hak menyatakan pendapat.

Upaya impeachment terhadap Jokowi-JK bisa menyatukan KMP jika Jokowi-JK benar-benar terbukti melakukan kesalahan besar yang substansial dan merugikan rakyat. Tetapi jika hanya kesalahan kesalahan eksekusi kebijakan yang dinilai kurang pro-rakyat tidak sampai mengarah pada impeachment.

Pola berpencar terjadi dalam isu-isu yang berhubungan dengan fungsi legislasi DPR dan fungsi anggaran yang berkaitan dengan regulasi atau pembuatan Undang-undang atau persetujuan terhadap Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) atau dalam kaitannya dengan Undang-Undang APBN.

"Dalam masalah masalah itulah KMP akan berpencar berbeda pendapat," tambah Ubed menegaskan.

Realitas dua pola sikap KMP tersebut terjadi karena perbedaan kepentingan yang mendera partai-partai politik. Hal yang sama juga kemungkinan besar terjadi pada Koalisi Indonesia Hebat (KIH), tetapi pola bersatu dan berpencarnya pada fungsi DPR yang berbeda dengan KMP.

Sebaliknya KIH akan bersatu untuk melawan KMP jika KMP mau menjatuhkan Jokowi-JK tanpa dasar konstitusional. KIH juga akan berpencar sikap politiknya dalam fungsi legislasi dan fungsi DPR. Jadi ada ruang kemungkinan yang besar bersatunya KMP dengan KIH begitu juga ada ruang kemungkinan yang besar berlawanannya KMP dan KIH.

"Dengan analisis itu KMP akan berpencar dan nampak berantakan serta nampak tidak solid dalam mensikapi Perppu, tetapi akan nampak solid dalam menjalankan fungsi pengawasan terhadap Jokowi-JK," tutur Ubed.

#KMP
Bagikan
Ditulis Oleh

Ana Amalia

Happy life happy me
Bagikan