Pusat Kendali Pengamanan KTT ASEAN 2023 Bisa Deteksi Identitas dan Rekam Jejak Manusia

Mula AkmalMula Akmal - Kamis, 04 Mei 2023
Pusat Kendali Pengamanan KTT ASEAN 2023 Bisa Deteksi Identitas dan Rekam Jejak Manusia
Bendera negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). (Foto: Antara)

MerahPutih.com- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo turun langsung memantau pengamanan yang dilakukan Polri dalam event Internasional KTT Asean Summit di Labuan Bajo, Nuaa Tenggara Timur (NTT).

Event ini akan berlangsung pada 9-11 Mei 2023 nanti, dan dihadiri oleh 10 negara ASEAN. Sigit fokus pada Command Center yang jadi tempat pusat kendali operasi terkait dengan seluruh rangkaian kegiatan.

Baca Juga:

8 Satgas Khusus Jaga KTT ASEAN di Labuan Bajo

"Kami mengecek langsung bagaimana mulai dari bandara sampai dengan titik akomodasi kemudian sampai dengan tempat kegiatan semuanya termonitor dan terawasi,” ujar Kapolri di Command Center, Manggarai Barat, Rabu (3/5).

Kapolri menjelaskan bahwa nantinya petugas-petugas semuanya bisa tersambung dan bisa melaporkan kegiatan mereka pada saat di lapangan dengan Command Center.

Command Center bisa mendeteksi masyarakat yang datang. Baik tamu asing maupun masyarakat lokal identitasnya, kemudian juga dipasang data-data orang yang harus diawasi yang ada di catatan kepolisian.

"Kami pastikan semuanya bisa berjalan baik,” jelas Kapolri.

Wilayah Labuan Bajo, NTT dekat dengan laut dan pantai. Kapolri memastikan pengaman juga akan dilakukan kepada semua kapal yang ada, dan bisa terdeteksi jenis kapalnya serta pemiliknya.

Baca Juga:

Warga Sewakan Tempat Tinggal Untuk Akomodasi KTT ASEAN Labuan Bajo

KSOP (Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuahan) Labuan Bajo Hasan Sadili pun sudah memberikan akses kepada Polri.

“Dengan demikian semua jalur masuk baik lewat dermaga, bandara semua bisa terdeketeksi,” tambah Kapolri.

Kapolri juga menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat yang terdampak akibat adanya rekayasa-rekayasa lalu lintas. Khususnya terkait pada saat ada delegasi yang melintas dan lewat.

“Terkait dengan ketidaknyamanan masyarakat yang mungkin terganggu akan pengalihan arus tentunya kita mohon maklum dan mohon maaf,” terang Kapolri. (Knu)

Baca Juga:

Pj Heru Pastikan Jakarta Siap Sambut Delegasi KTT ASEAN Ke-42

#Kapolri #Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo #KTT ASEAN #Labuhan Bajo
Bagikan
Bagikan