Puro Mangkunegaran Ramai Diserbu Wisatawan Imbas dari Pernikahan Kaesang-Erina

Mula AkmalMula Akmal - Selasa, 27 Desember 2022
Puro Mangkunegaran Ramai Diserbu Wisatawan Imbas dari Pernikahan Kaesang-Erina
Puro Mangkunegaran dipadati wisatawan, Selasa (27/12). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono yang menggunakan venue Puro Mangkunegaran membuat warga penasaran. Alhasil, ribuan warga berkunjung ke Puro Mangkunegaran pada momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Pantauan MerahPutih.com, wisatawan mulai berdatangan sejak pagi. Mereka mengantre masuk ke Puro Mangkunegaran lewat pintu utama.

Baca Juga:

Puro Mangkunegaran Sajikan Wisata Demo Memasak Apem Khas Mangkunegaran

Sementara, wisatawan yang sudah masuk dipandu oleh abdi ndalem Mangkunegaran masuk ke pendapo Mangkunegaran yang sebelumnya pernah dijadikan venue pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

Abdi dalem Perpustakaan Reksa Pustaka Mangkunegaran, Darweni, tidak menampik jika wisatawan pada libur Nataru banyak berkunjung di Puro Mangkunegaran. Jumlah pengunjung bisa mencapai ribuan orang.

"Tiap hari ada ratusan wisatawan berkunjung di Puro Mangkunegaran selama libur Nataru. Mereka datang dari berbagai daerah," kata Darweni, Selasa (27/12).

Dia mengatakan Puro Mangkunegaran pada libur Nataru menbuka kelas menulis dan membaca aksara jawa merupakan salah satu dari serangkaian acara yang diadakan khusus Pura Mangkunegaran selama libur Nataru.

"Kelas perkenalan menulis dan membaca aksara Jawa tersebut juga menarik minat wisatawan dari berbagai kota di Indonesia, mulai Ambon, Bandung hingga Kota Solo," katanya.

Baca Juga:

Lagu Bengawan Solo Jadi Penutup Gala Dinner Delegasi G20 di Puro Mangkunegaran

Kelas pelajaran menulis dan membaca aksara jawa ini, kata dia, merupakan yang pertama kali diadakan oleh Pura Mengkunegaran. Kelas diadakan mulai 26-30 Desember-2022 mulai pukul 13.00 WIB- 15.00 WIB dengan satu sesi.

“Untuk mendaftar, peserta bisa langsung datang ke Pura Mangkunegaran, atau bisa juga mengubungi terlebh dahulu,” katanya.

Seorang wisatawan asal Bandung, Mahmudi (44) mengaku datang ke Puro Mangkunegaran bersama keluarga, karena penasaran setelah dijadikan lokasi pernikahan Kaesang dan Erina.

"Ini baru kali pertama saya berkunjung Puro Mangkunegaran. Penasaran setelah dijadikan venue pernikahan Kaesang dan Erina. Ternyata bagus, selama ini di Solo hanya tahu Keraton Surakarta," pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Gibran Jadikan Puro Mangkunegaran Lokasi Royal Dinner Peserta G20

#Solo #Wisatawan #Wisata
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan