Purnomo Mundur, Golkar Dukung Gibran di Pilwakot Solo Tanpa Syarat Bakal calon wali kota (cawali) dari PDIP di Pilkada Solo, Gibran Rakabuming Raka. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Partai Golkar menyatakan dukungan terhadap putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka di Pilwakot Solo. Dukungan tersebut diberikan secara cuma-cuma tanpa syarat.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Tengah, Juliyatmono, mengungkap DPD Golkar Jawa Tengah memastikan telah menjatuhkan pilihan dukungan terhadap Gibran di Pilwakot Solo yang dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020. Golkar mendukung Gibran setelah bakal cawali dari PDIP, Achmad Purnomo mundur.

Baca Juga

Pemkab Cianjur Gratiskan PBB untuk Warga Miskin di Masa Pandemi COVID-19

"Awalnya kami menunggu DPP PDIP rekomendasi jatuh pada Purnomo atau Gibran. Setelah Purnomo mundur praktis bakal cawali menyisakan Gibran," ujar Juliatmono, Sabtu (6/6).

Juliatmono yang juga menjabat Bupati Karanganyar ini menegaskan dukungan terhadap Gibran ini diberikan tanpa syarat apapun. Termasuk jatah kursi bakal cawawali juga tidak akan dilakulan DPD Golkar Jawa Tengah.

"Kami tidak akan meminta jatah kursi sebagai cawawali. Kami sepenuhnya mendukung Gibran ini tanpa syarat," katanya.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Tengah, Juliyatmono. (MP/Ismail)
Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Tengah, Juliyatmono. (MP/Ismail)

Ia pun menyerahkan sepenuhnya posisi bakal cawawali pendamping Gibran pada DPP PDIP. Golkar sendiri di DPRD Solo periode 2019-2024 hanya punya tiga kursi sehingga tidak bisa mengusung calon sendiri.

"Saya sudah tahu siapa yang akan mendampingi Gibran. Siapa orangnya tersebut hampir bisa diterima semua pihak," kata dia.

Ia menambahkan DPD Partai Golkar telah memberikan rekomendasi untuk 16 calon bupati dan calon wakil bupati yang akan bertarung pada Pilkada 2020. Dari jumlah itu, Golkar menargetkan kemenangan 60 persen

Baca Juga

Solo Terapkan Larangan Bersepeda Massal

"Kami menargetkan kemenangan di sejumlah daerah kantong Golkar di Jawa Tengah.yang selama ini menyumbangkan perolehan suara terbanyak pada pileg dan pilpres 2019 lalu," tutup dia. (*)

Berita ini merupakan laporan Ismail Soli, kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya.


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH