Purnomo Mundur dari Pilkada Solo, Teguh Pilih Tunggu Sikap DPC PDIP

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 30 Mei 2020
Purnomo Mundur dari Pilkada Solo, Teguh Pilih Tunggu Sikap DPC PDIP
Bakal cawali dan cawawali Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa menghadiri acara deklarasi dukungan di Pilwakot Solo. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Bakal calon Wali Kota Solo Teguh Prakosa yang menjadi pendamping bakal cawali Achmad Purnomo yang diusung DPC PDIP menegaskan belum berniat mengikuti langkah mundur dari pertarungan pilwalkot.

Teguh Prakoso lebih memilih menunggu keputusan resmi partai setelah KPU RI menetapkan pemungutan suara pilkada serentak 270 daerah diadakan tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Baca Juga:

Ribuan Ojol Ancam Geruduk Istana Negara, Ada Apa?

"Saya lebih memilih menunggu keputusan DPC PDIP Solo dulu. Jadi belum ambil sikap untuk ikut jejak beliau (Purnomo) mundur dari pencalonan," ujar Teguh, Sabtu (30/5).

Ia mengaku, sejauh ini, belum berkomunikasi lagi dengan Purnomo terkait pengajuan surat pengunduran diri. Namun, dia mengaku siap jika memang diminta mundur oleh DPC PDIP Solo.

"Saya tidak bisa memutuskan sepihak soal ini. Pasangan Purnomo-Teguh maju di Pilwakot setelah diusung DPC PDIP Solo. Jadi tetap menunggu sikap partai dulu," kata dia.

Bakal cawawali, Teguh Prakosa. (MP/Ismail)
Bakal calon Wali Kota Solo Teguh Prakosa. (MP/Ismail)

Teguh menegaskan siap menerima apapun keputusan Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo. Sebagai petugas partai, ia harus bisa menjauhkan ego dan patuh akan partai.

"Jika partai menarik saya sebagai bakal cawawali, pastinya dengan senang hati siap menerimanya," katanya.

Teguh yang juga menjabat Sekretaris DPC PDIP Solo ini membeberkan surat pengunduran diri Purnomo bakal dibahas terlebih dahulu di internal DPC PDIP Solo. Rapat internal akan melibatkan lima PAC dan pengurus struktural DPC PDIP Solo.

"Surat pengunduran Purnomo sudah ada di kantor DPC PDIP Solo. Kami jadwalkan rapat internal setelah status KLB COVID-19 Solo dicabut setelah tanggal 7 Juni," kata dia.

Baca Juga:

BIN dan Pemkot Tangerang Gelar Rapid Test Massal Gratis

Dalam rapat tersebut akan dibahas apakah DPC menyetujui surat pengunduran diri Purnomo. Termasuk pula apakah DPC bakal menarik cawawali atau justru mempertahankannya dalam pencalonan.

Diketahui, DPC PDIP Solo mengusung pasangan bakal cawali dan cawawali Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa di Pilwakot Solo 2020. Sementara, putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka maju sebagai bakal cawali dengan mendaftar di DPD PDIP Jawa Tengah. Dengan mundurnya Purnomo, PDIP hanya punya cawali tunggal, Gibran. (Ism)

Baca Juga:

Bakal Dibuka, Ini Aturan Main Baru di Tempat Wisata dan Hiburan

#Kota Solo
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan