Purnomo Dapat Rekomendasi, Gerindra Gandeng PKS dan Golkar Usung Gibran di Pilwalkot Solo Ketua DPC Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno. (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto sudah secara resmi memberikan dukungan penuh terhadap bakal cawali dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka maju di Pilwakot Solo.

Namun demikian, jika rekomendasi DPP PDIP jatuh pada Achmad Purnomo. Partai Gerindra Solo tetap mendukung Gibran maju Pilwakot Solo dengan membentuk koalisi bersama PKS (5 kursi) dan Partai Golkar (3 kursi).

Baca Juga:

Usai SBY Nyatakan Dukungan, Giliran Prabowo Dukung Gibran di Pilwakot Solo

Gerindra sendiri memiliki tiga kursi di DPRD Solo. Sementara untuk bisa mengusung pasangan cawali dan cawawali sesuai aturan KPU, partai harus mengumpulkan sembilan kursi di DPRD.

Gerindra bersama Golkar dan PKS akan usung Gibran di Pilwalkot Solo 2020
Ketua DPC Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno bersama pengurus memberikan keterangan terkait dukungan terhadap Gibran di Pilwakot Solo, Jumat (7/2). (MP/Ismail)

"Segala kemungkinan dalam berpolitik bisa saja terjadi. Kalau saja Gibran tidak mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP, kami tidak akan berpaling pada cawali lain. Gerindra tetap dukung Gibran maju Pilwakot Solo dengan membentuk koalisi," ujar Ketua DPC Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno kepada awak media di Solo, Minggu (9/2).

Ardianto mengatakan Gerindra akan membentuk koalisi dengan mengandeng PKS dan Golkar. Ia mengaku sudah berkomunikasi bersama kedua parpol tersebut. Total jumlah kursi yang terkumpul dari koalisi nanti sebanyak 11 kursi.

"Saya sudah berkomunikasi dengan pimpinan parpol (PKS dan Golkar). Respons kedua parpol itu baik. Namun, sekali lagi kita masih menunggu bersama hasil rekomendasi jatuh pada siap dulu (Gibran atau Purnomo)," kata dia.

Baca Juga:

Gibran: Siapapun Dapat Rekomendasi, Saya Ikhlas

Ia menegaskan alasan mendukung putra sulung Presiden Jokowi karena menginginkan adanya perubaha di Solo. Pertimbangan lain adalah ingin pemimpin muda yang fresh dengan lompatan yang bisa membuat Solo menjadi luar biasa.

"Saya sebagai warga Solo melihat dan merasakan pembangunan di Solo saat ini masih lambat. Butuh terobosan anak muda untuk menjadikan Solo lebih maju," pungkasnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Usai Bertemu Jokowi, Giliran FX Rudy dan 30 Anggota Fraksi PDIP Solo Dipanggil DPP



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH