Pura Parahyangan Agung Jagatkarta, Berada dalam Kesejukan Gunung Salak Pura Parahyangan Agung Jagatkarta yang berada di dekat petilasan Prabu Siliwangi. (Foto: instagram@linggadevasya)

BOGOR punya pura terbesar di Pulau Jawa dan terbesar kedua setelah Pura Besakih Bali. Pura Parahyangan Agung Jagatkarta sudah dibangun sejak 1995, dan kini bukan hanya menjadi tempat ibadah umat Hindu, tetapi juga menjadi objek wisata dengan pemandangan dan arsitektur yang indah.

pura bogor
Hanya 25 km dari kota Bogor. (Foto: instagram@andiprambudi)

Lokasi pura sekitar satu hingga satu setengah perjalanan dari pusat kota Bogor. Awalnya hanya dibangun candi kecil di lokasi yang diyakini menjadi petilasan Prabu Siliwangi, Raja Kerajaan Pajajaran. Dari sebuah candi kecil, pembangunan terus berlangsung hingga akhirnya berdiri Pura Parahyangan Agung Jagarttkarta yang berdiri di tanah seluas sekitar 3 hektare.

Terletak di lereng Gunung Salak, tepatnya di Kampung Warung Loak, desa Taman Sari, Kelurahan Ciapus, Bogor. Lokasi pura lebih tinggi dari jalanan. Suasananya bersih, tenang, dan indah. Memasuki areal pura, pengunjung serasa berada di Bali. Petugas yang berjaga mengatakan, pura tersebut terbuka untuk semua agama. Siapa pun boleh datang dan berdoa.

pura bogor
Pura ini terbuka untuk umum. (Foto: instagram@linggadevasya)

Pura tersebut memang bukan objek wisata. Namun, di tempat ibadat itu, semua orang bisa datang, menikmati ketenangan, berdoa, melepas ketegangan dan kepenatan.

Pura Prahyangan Agung Jagatkartta terletak sekitar25 km dari Kota Bogor. Menemukan pura tersebut tidaklah sulit, karena banyak petunjuk arah. Jaga ketenangan dan kebersihan di lokasi pura. Ikuti aturan yang berlaku, lepas alas kaki di pelataran pertama dan kenakan selendang kuning kecil yang sudah disediakan. Pura dibuka untuk pengunjung umum mulai pukul 11.00. (*)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH