Punya Sensibilitas, Gurita, Lobster dan Kepiting jangan Direbus Hidup-hidup Sebaiknya mengolah cumi-cumi, gurita atau kepiting jangan hidu-hidup. (Foto: Pexels/Rachel Claire)

GURITA, kepiting, dan lobster mampu mengalami rasa sakit atau penderitaan, mereka punya sensibilitas. Demikian menurut tinjauan yang dilakukan oleh pemerintah Inggris yang telah menambahkan makhluk-makhluk itu ke daftar makhluk hidup yang akan diberi perlindungan di bawah undang-undang kesejahteraan hewan atau animal welfare yang baru.

Laporan oleh para ahli di London School of Economics melihat 300 studi ilmiah untuk mengevaluasi bukti perasaan, dan mereka menyimpulkan bahwa cumi (seperti gurita, cumi-cumi dan sotong) dan dekapoda (seperti kepiting, lobster dan udang karang) harus diperlakukan sebagai makhluk hidup dengan sensibilitas.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Konsumsi Pisang dan Susu Usai Makan Kepiting Picu Keracunan

makanan
Selain tidak boleh direbus hidup-hidup, praktik pengangkutannya juga harus diperhatikan. (Foto: Pixabay/Photoman)

Vertebrata, hewan dengan tulang punggung, sudah diklasifikasikan sebagai makhluk hidup dalam Undang-undang Animal Welfare baru yang saat ini sedang diperdebatkan di Inggris.

"RUU Animal Welfare memberikan jaminan penting bahwa kesejahteraan hewan dipertimbangkan dengan tepat ketika mengembangkan undang-undang baru. Ilmu pengetahuan sekarang jelas bahwa dekapoda dan cumi dapat merasakan sakit dan oleh karena itu wajar jika mereka dilindungi oleh undang-undang penting ini," kata Menteri Kesejahteraan Hewan Lord Zac Goldsmith dalam sebuah pernyataan seperti diberitakan CNN (21/11).

RUU tersebut, yang belum menjadi undang-undang, akan membentuk Animal Sentience Committee, yang akan mengeluarkan laporan tentang seberapa baik keputusan pemerintah mempertimbangkan kesejahteraan hewan hidup. Ini adalah bagian dari Action Plan pemerintah yang lebih luas untuk Animal Welfare.

Laporan itu mengatakan lobster dan kepiting tidak boleh direbus hidup-hidup dan termasuk praktik terbaik untuk pengangkutan, pemingsanan dan penyembelihan dekapoda dan cumi.

Baca Juga:

Manfaat Konsumsi Olahan Kepiting, Nutrisi Baik untuk Ibu Hamil

Cephalopoda dan Decapoda

rebus
Film dokumenter 'My Octopus Teacher' (2020) memamerkan kemampuan unik gurita. (Foto: Netflix)

Laporan tersebut menggunakan delapan cara yang berbeda untuk mengukur perasaan termasuk kemampuan belajar, kepemilikan reseptor rasa sakit, hubungan antara reseptor rasa sakit dan daerah otak tertentu, respon terhadap anestesi atau analgesik, dan perilaku termasuk menyeimbangkan ancaman terhadap kesempatan untuk penghargaan dan perlindungan terhadap cedera atau ancaman.

Kumudian ditemukan adanya perasaan yang "sangat kuat" pada gurita dan bukti "kuat" pada sebagian besar kepiting. Untuk hewan lain dalam dua kelompok ini, seperti cumi-cumi, sotong dan lobster, mereka menemukan bukti yang substansial tetapi tidak kuat.

Namun, laporan itu mengatakan berbagai tingkat bukti ini mencerminkan perbedaan dalam jumlah perhatian yang diterima berbagai hewan dari para ilmuwan.

"Perhatian ilmiah telah condong ke beberapa (hewan) daripada yang lain karena alasan kenyamanan praktis (misalnya hewan mana yang dapat dipelihara dengan baik di laboratorium) dan geografi (misalnya spesies mana yang tersedia di tempat laboratorium berada). Karena situasi ini, kami berpikir tidak tepat untuk membatasi perlindungan pada ordo cephalopoda tertentu, atau infraordo decapoda tertentu," demikian laporan itu menyebutkan.

Film dokumenter Netflix baru-baru ini My Octopus Teacher (2020) memamerkan kemampuan unik gurita. Struktur otak gurita sangat berbeda dengan manusia, tetapi memiliki beberapa fungsi yang sama dengan otak mamalia, seperti kemampuan belajar, termasuk mampu memecahkan masalah, dan mungkin juga kemampuan untuk bermimpi. (aru)

Baca Juga:

Mengenal Gubal, Kuliner Khas Suku Laut Kabupaten Lingga

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Dua Pulau di Sisilia Ini Dipercaya Bisa Tingkatkan Libido
Fun
Dua Pulau di Sisilia Ini Dipercaya Bisa Tingkatkan Libido

Itulah sebabnya mereka sering dikenal sebagai "pulau kesuburan".

Negeri Aing Maaf-Maafan
Hiburan & Gaya Hidup
Negeri Aing Maaf-Maafan

bahkan 'terlanjur mencinta' saja butuh kata maaf menurut Tiara Andini

Kepribadian Hangat V BTS Bikin Banyak Orang Terenyuh
ShowBiz
Kepribadian Hangat V BTS Bikin Banyak Orang Terenyuh

Beberapa fakta tentang V yang mungkin membuat banyak orang.

Pantangan Setelah Operasi Caesar
Fun
Pantangan Setelah Operasi Caesar

Hal-hal yang harus dihindari setelah operasi caesar.

Atasi Membludaknya Sampah, Nadine Alexandra dan Otsuka Giatkan Bank Sampah
Fun
Atasi Membludaknya Sampah, Nadine Alexandra dan Otsuka Giatkan Bank Sampah

Kecenderungan menggunakan benda sekali pakai juga meningkat drastis, terutama yang terbuat dari plastik.

Stussy dan Nike Luncurkan Produk Insulated dan Upcycled
Fashion
Menparekraf  Apresiasi Influencer yang Ajak Pengikutnya untuk di Rumah Saja
Fun
Menparekraf Apresiasi Influencer yang Ajak Pengikutnya untuk di Rumah Saja

Sandiaga Uno berikan apresiasi Influencer yang Ajak Pengikutnya Untuk di Rumah Saja

Mulai Januari 2022, Game PUBG PC Bakalan Gratis
Fun
Mulai Januari 2022, Game PUBG PC Bakalan Gratis

Meski akan hadir secara gratis, para pengguna masih harus tetap merogoh kocek untuk beberapa item

112 Alutsista Dipamerkan di Upacara HUT ke-76 TNI
Hiburan & Gaya Hidup
112 Alutsista Dipamerkan di Upacara HUT ke-76 TNI

Alutsista tersebut digunakan untuk menjaga NKRI dari berbagai ancaman.