Punya Riwayat Asma? Tetap Aman saat Liburan dengan 4 Tips Ini Tips dan Trik Liburan Bagi Pengidap Asma (Foto: Pixabay/rawpixels)

LIBURAN seharusnya menjadi momen menyenangkan bagi semua orang. Namun sebagian orang yang mengidap penyakit tertentu, seringkali enggan ketika diajak traveling. Terlebih ketika tempat yang dituju jauh dari rumah. Faktor seperti suhu di tempat wisata atau makanan tertentu, dapat menyebabkan alergi jadi pertimbangan. Untuk seseorang yang memiliki riwayat asma, liburan tanpa melakukan riset terlebih dulu tetang daerah yang dituju bisa berisiko.

Melansir dari laman asthma.ie, banyak yang harus disiapkan para pengidap asma sebelum liburan. Hal tersebut meliputi riset tentang kondisi cuaca di destinasi yang dituju, sampai persiapan obat yang tidak boleh ketinggalan. Kalau kamu sudah menyiapkan itu semua, dijamin liburan akan tetap aman dan menyenangkan.

Baca juga:

5 Hal Ini yang Menyebabkan Kamu Terserang Asma

1. Asuransi perjalanan

Punya Riwayat Asma? Tetap Aman saat Liburan dengan 4 Tips Ini
Asuransi perjalanan akan banyak membantu jika sesuatu terjadi (Foto: Pixabay/stevepb)

Walaupun liburan ala backpacker terdengar seru dan menyenangkan, jika kamu memiliki riwayat asma ada baiknya untuk berpikir dua kali.

Hindari berbagai risiko dengan liburan menggunakan agen travel. Pastikan pihak agen menyiapkan asuransi perjalanan. Ketika asma mendadak kambuh, itu akan banyak membantumu.

2. Persediaan obat

Punya Riwayat Asma? Tetap Aman saat Liburan dengan 4 Tips Ini
Obat-obatan pribadi wajib dibawa (Foto: Pixabay/stevepb)

Menyediakan obat-obatan yang biasa kamu konsumsi wajib hukumnya. Agar tidak repot dan berantakan, sediakan kotak khusus obat kecil untuk menampung persediaan obat sesuai durasi liburan. Kotak ini bisa kamu temukan di toko kesehatan.

Baca juga:

Ingat! Jangan Mandi Air Hangat Jika Kamu Menderita Asma Kulit

3. Ketahui lokasi klinik terdekat

Punya Riwayat Asma? Tetap Aman saat Liburan dengan 4 Tips Ini
Cari tahu lokasi klinik atau rumah sakit terdekat (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Jauh sebelum hari keberangkatan, kamu wajib melakukan riset secara detail. Misalnya kamu liburan ke destinasi tertentu, pastikan kamu sudah mencari tahu lokasi klinik atau rumah sakit terdekat. Ketika asma mendadak kambuh, kamu tahu harus pergi kemana.

4. Pilih destinasi wisata sejuk

Punya Riwayat Asma? Tetap Aman saat Liburan dengan 4 Tips Ini
Tempat wisata sejuk paling cocok (Foto: Pixabay/sasint)

Seorang dengan riwayat asma memang tidak memiliki banyak pilihan tempat liburan. Apalagi yang memiliki suhu ekstrem. Harus tempat yang sejuk. Daerah yang terlalu dingin atau panas, dapat mengganggu saluran pernapasan hingga memicu asma kambuh. (mar)

Baca juga:

Waspada Bahaya Asma Mengintai Bayi



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH