Punya jiwa Pemberani? Isi Liburan Kamu ke 4 Wisata Ekstrem Ini Jeep Station Indonesia (MP/Rizki Fitrianto)

SEBENTAR lagi kita akan memasuki waktu liburan. Bagi yang rindu kampung halaman, tentunya akan memanfaatkannya untuk pulang kampung atau biasa kita sebut dengan mudik. Tapi bagaimana yang tak mengadenkan pulang kampung?

Nah, bagi kamu yang senang dengan hal-hal yang memacu adrenalin, kali ini merahputih.com akan memberikan referensi tempat rekreasi ekstrim yang ada di beberapa daerah di Indonesia.

Kamu bisa berkunjung ke tempat-tempat tersebut selama waktu liburan. Penasaran tempat rekreasi apa saja itu? berikut ulasan singkatnya.

Kereta Gantung di Pantai Timang, Yogyakarta

Kereta gantung Pantai Timang (Instagram/zack_asry)
Kereta gantung Pantai Timang (Foto: Instagram @zack_asry)

Pantai Timang menjadi salah satu andalah wisata Yogyakarta. Namun bukan keindahan pantai yang menjadi daya tariknya, melainkan wahana yang sangat ekstrim yaitu kereta gantung. Kamu jangan bayangkan kereta gantung ini seperti gondola di Taman Mini Indonesia Indah.

Kereta gantung tersebut terbuat dari kayu oleh tangan manusia secara tradisional yang terhubung dengan tali tambang menuju batuan karang sangat besar. Kamu akan dihadapi terjangan ombak yang menghantam.

Sebenarnya, kereta gantung ini bukanlah fasilitas resmi pemerintah Yogyakarta di Pantai Timang. Alat tersebut adalah sebuah transportasi warga setempat yang mencari lobster. Namun karena minat yang sangat besar, kereta gantung ini dimanfaatkan oleh warga sebagai salah satu wahana bagi para wisatawan.

Bungee Jumping di Bali Adrenalin Park, Bali

Ilustrasi (Pixabay/jonhmin_lee)
Ilustrasi (Pixabay/jonhmin_lee)

Bagi kamu yang ingin memacu adrenalin dengan bungee jumping mungkin bisa datang ke Bali Adrenalin Park. Tempat ini adalah salah satu titik bungee jumping favorit di Pulau Dewata.

Bali Adrenalin Park berlokasi di Jalan Benasari, Desa Kuta, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Sebenarnya bungee jumping bukanlah satu-satunya wahana ekstrim di tempat ini. Kamu juga bisa menaiki slingshot yang sama-sama memacu adrenalin.

Bukan hanya itu saja, Bali Adrenalin Park juga memiliki pesona yang indah khas Bali. Bagi kamu yang tak punya agenda pulang kampung mungkin tempat ini bisa menjadi tujuan kamu menghabiskan waktu liburan.

Paralayang Kota Batu, Gunung Banyak, Malang

(Instagram/whiempy)
Paralayang di Gunung Banyak (Foto: Instagram/whiempy)

Wisata ini adalah salah satu yang paling populer di Kota Malang. Kepopulerannya dimulai sejak diselenggarakannya Batu Open Paragliding di tahun 2011 lalu. Saat itu banyak atlet paralayang nasional maupun internasional yang ikut berpartisipasi.

Di Gunung Banyak kamu bukan hanya bisa bermain paralayang saja. Pasalnya di tempat tersebut terdapat objek wisata lain seperti Omah Kayu dan Taman Langit. Dua tempat tersebut bisa kamu kunjungi sekaligus saat bermain paralayang.

Soal akses, Wisata Paralayang tak jauh dari Kota Batu. Jika malas menggunakan kendaraan pribadi, saat ini ada banyak agen wisata yang menyedikan paket ke Paralayang, Gunung Banyak.

Offroad di Jeep Station Indonesia (JSI), Bogor

Offroad di JSI Resort (MP/Rizki Fitrianto)
Offroad di JSI Resort (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

Buat kamu yang ingin berwisata ekstrim tapi tak ingin beranjak jauh dari Jakarta, bermain offroad di JSI Resort, Bogor bisa menjadi pilihannya. JSI Resort adalah satu-satunya penginapan yang berkonsep offroad.

Meski ada kata "Jeep" pada nama JSI, tempat tersebut tak hanya untuk orang yang memiliki kendaraan 4WD saja. Jika kamu punya jiwa adventure dan pemberani bisa datang ke tempat tersebut untuk bermain offroad.

Bagi yang ingin bermalam namun ingin merasakan sensasi adventure kamu bisa bermalam di salah satu kamar. Ada beberapa tipe kamar di JSI seperti Sahara Container, Cherokee, Willys, Rubicon dan lain-lain. Setiap kamar punya keunggulannya sendiri.

Itulah empat wisata ekstrim yang bisa kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu liburamu. (yani)

Selain artikel ini kamu juga bisa baca Tebing-Tebing nan Cantik, Destinasi Wisata Kekinian

Kredit : yani


Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH