Punya Jiwa Kepemimpinan? Kamu Wajib Ikut LEAD Indonesia 2019 LEAD Indonesia 2019 harus diikuti anak muda berjiwa kepemimpinan (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

LEAD Indonesia merupakan program intensif pengembangan kepemimpinan dan penguatan kapasitas profesional muda. Program ini bertujuan agar pemuda Indonesia bisa menyelesaikan masalah sosial. Sesuai dengan visi Indonesia 2045. Program ini dihelat oleh Bakrie Center Foundation (BCF). Kamu yang berjiwa kepemimpinan wajib ikut dalam program ini.

Program ini nantinya akan berlangsung selama enam bulan dengan dua kegiatan inti. Kedua kegiatan itu ialah Impact Forum dan Breakthrough Project. Impact Forum merupakan program pelatihan leadership. Sementara Breakthrough Project merupakan kegiatan pengembangan kapasitas di wilayah masing-masing.

Baca juga:

Ingin Kuliah di Luar Negeri? Berikut Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Sekolah Ke Luar Negeri

Tahun ini, Lead Indonesia akan mendalami materi Sociopreneurship. Tujuannya agar para peserta bisa mewujudkan program sosial yang berkelanjutan di masyarakat. Ke depannya program ini juga ingin bisa memfasilitasi kerjasama program sociopreneur terpilih dengan program CSR perusahaan.

LEAD Indonesia 2019 memiliki dua kegiatan inti (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

"Tentunya visi Indonesia 2045 jauh lebih luas dari apa yang akan dicapai melalui program LEAD Indonesia," papar CEO Bakrie Foundation, Imbang J Mangkuto saat jumpa pers di Bakrie Tower, Jakarta Selatan belum lama ini.

Selain itu, tahun ini BCF juga mengajak seluruh pegiat sosial Indonesia pada empat bidang untuk mengikuti LEAD Indonesia 2019. Di antaranya ialah Pelatihan Uji Kompetensi Perawat, Gerakan Lanjut Kuliah Bagi Keluarga Harapan, Pengolahan Sampah Oleh Anak Jalanan, dan Pendampingan Pengobatan Pasien TBC.

Baca juga:

Milenial, Yuk Jadi Pelopor Aksi Darurat Iklim

Dengan begitu, melalui program ini BCF memiliki ekspektasi untuk melahirkan para sociepreneur yang kompeten. "Keempat bidang di atas merupakan bagian dari masalah strategis yang diturunkan dari visi yang telah dicanangkan oleh pemerintah Indonesia," tambah Imbang.

Peserta harus memiliki kegiatan sosial yang sudah berjalan minimal selama tiga tahun (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Pendaftaran Lead Indonesia 2019 mulai dibuka pada 14 Oktober 2019 sampai 28 Oktober 2019. Persyaratannya cukup mudah. Pertama, peserta harus berusia minimal 18 tahun. Kedua, memiliki jiwa kepempimpinan. Ketiga, peserta juga sudah harus memiliki kegiatan sosial yang berjalan minimal selama tiga tahun.

Yang tak kalah penting, peserta juga harus aktif di media sosial dan bersedia mengikuti pembinaan jangka panjang jika lolos jadi peserta. "Jadi kami memilih mereka memang berdasarkan kompetensi," tukas Imbang.

Bagaimana sahabat Merah Putih, tertarik mengikuti LEAD Indonesia 2019? (ikh)

Baca juga:

Silent Talk Bersama Teguh Wicaksono di Playfest 2019

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH