Punya Biaya Hidup Tinggi, Kota-Kota Dunia ini Jadi yang Termahal Kota Paris ada di puncak daftar 10 besar negara termahal dunia. (foto: pixabay/free-photos)

DI kota manakah di dunia biaya hidup paling tinggi? Tahun ini, posisi puncak kota dengan biaya hidup tertinggi tak hanya satu, tapi tiga sekaligus.

Seperti dikutip CNN Travel, Paris, Singapura, dan Hong Kong sama-sama menempati posis teratas dalam Economist Intelligence Unit's 2019 Worldwide Cost of Living Survey.

1. Kota-kota di Asia dan Eropa Mendominasi

asia, singapore
Kota Singapura ada puncak daftar bersama Hong Kong dan Paris. (foto: pixabay/sasint)

Dalam survei yang mengevaluasi 150 item di 133 kota di seluruh dunia, posisi 10 besar didominasi kota-kota di Asia dan Eropa. Ibu kota Prancis tahun ini naik dari posisi keempat tahun lalu. Paris sudah bercokol di daftar 10 besar sejak 2003.

Sementara itu, Hong Kong naik 3 posisi dari daftar tahun lalu. Kenaikan itu membuatnya seri dengan Paris di posisi puncak.

Seri tak hanya terjadi di posisi puncak. Kota Osaka, Jepang, yang naik 6 peringkat kini seri dengan Kota Jenewa, Swiss, di posisi 5. Meski didominasi kota-kokta di Asia dan Eropa, daftar 10 besar juga berisi dua kota di Amerika Utara. New York dan los Angeles menjadi dua kota Benua Amerika yang ada dalam 10 besar. 'The Big Apple' naik enam peringkat dari tahun lalu ke posisi tujuh. Posisi yang sama dengan Kota Kopenhagen, Denmark.

'Kota Para Malaikat' ada di posisi 10 dalam daftar tersebut. Posisi itu seri dengan Kota Tel Aviv, Israel.

2. Faktor yang Membuat Biaya Hidup Tinggi

taxi cab
Biaya transportasi yang tinggi jadi faktor mahalnya sebuah kota. (foto: pixabay/free-photos)


Menurut survei tersebut, berbagai varian menjadi penyebab mahalnya biaya hidup di sebuah kota. Sebagai contoh, kota-kota di AS termasuk yang paling mahal dalam hal utilitas dan bantuan domestik.

Lain lagi dengan yang terjadi di Eropa. Di kota seperti Zurich dan Jenewa biaya termahal dikeluarkan untuk perumahan, perawatan diri, rekreasi, dan hiburan. Namun, di Kopenhagen, biaya hidup yang mahal disebabkan tingginya ongkos transportasi, rekreasi, dan biaya perawatan diri.



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH