Punya 22 Pulau Terluar, Kepri Hanya Miliki Satu PLBN

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 12 Desember 2022
Punya 22 Pulau Terluar, Kepri Hanya Miliki Satu PLBN
PLBN Serasan. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau memiliki 22 pulau terdepan. Pulau-pulau terdepan di Kepri tersebar di Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun dan Kepulauan Anambas. Namun, provinsi kepulauan ini baru miliki satu pos lintas batas negara (PLBN)

Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah (BPBD) Kepri Doli Boniara mengatakan, PLBN potensial meningkatkan perekonomian masyarakat perbatasan.

Baca Juga:

Presiden Resmikan PLBN Sota di Merauke

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mengusulkan pembangunan pos lintas batas negara (PLBN) di pulau-pulau terdepan di wilayah itu yang memiliki potensi ekonomi.

"Tentu pembangunan PLBN tidak hanya sebagai gerbang masuk, melainkan menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi wilayah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah Pusat memiliki komitmen untuk membangun PLBN di pulau-pulau di Kepri, yang berbatasan dengan negara tetangga.

Namun pembangunan PLBN tidak dapat dilaksanakan secara sekaligus, melainkan bertahap karena membutuhkan anggaran yang besar.

Komitmen Pemerintah Pusat tersebut terbukti dengan dibangun PLBN di Pulau Serasan, Kabupaten Natuna. Pembangunan PLBN di Serasan dilaksanakan sejak 2020, dan baru selesai November 2022.

"Kepri baru memiliki satu PLBN," ucapnya.

Ia mengusulkan, untuk Karimun, Batam dan Bintan, pembangunan PLBN dapat dilakukan oleh Badan Pengusahaan Kawasan Pelabuhan Bebas dan Perdagangan Bebas dan PT Pelindo.

"Pelindo dan Badan Pengusahaan Kawasan Pelabuhan Bebas dan Perdagangan Bebas Batam, Bintan dan Karimun memiliki komitmen untuk membangun pulau terdepan yang memiliki potensi perekonomian," ujarnya. (*)

Baca Juga:

PLBN Jagoi Babang Rp 207,35 Miliar Bakal Rampung di Juli 2022

#Kepulauan Riau
Bagikan
Bagikan