Puncak Perayaan Tahun Baru Imlek, Polresta Surakarta Terjunkan Personel Gabungan Wakapolresta, AKBP Iwan Saktiadi, Rabu (22/1). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Polresta Surakarta menerjunkan personel gabungan untuk mengamankan puncak perayaan Tahun Baru Imlek 2571 di Solo, Jawa Tengah. Pengamanan Imlek akan dipusatkan di Jalan Arip Sumoharjo dan Jalan Jenderal Sudirman atau kawasan Pasar Gede setelah adanya event Solo Imlek Festival (SIF).

Wakapolresta Surakarta AKBP Iwan Saktiadi, mengungkapkan puncak perayaan Tahun Baru Imlek berlangsung saat malam pergantian tahun atau Jumat (24/1) malam. Saat puncak perayaan Imlek ribuan warga diperkirakan pemadati kawasan Pasar Gede untuk memeriahkan Solo Imlek Festival.

Baca Juga:

Jelang Perayaan Tahun Baru Imlek, Omzet Pengrajin Lampion di Solo Naik 50 Persen

"Kami terjunkan 201 personel gabungan dari sejumlah satuan di Polresta Surakarta untuk mengamankan puncak perayan Imlek di Solo," ujar Iwan kepada kepada awak media termasuk merahputih.com di Solo, Rabu, (22/1).

Wakapolresta Surakarta lakukan pemetaan pengamanan Hari Raya Imlek atau Solo Imlek Festival 2020
Wakapolresta, AKBP Iwan Saktiadi melakukan pemetaan kawasan rawan kejahatan saat puncak perayaan Tahun Baru Imlek di Pasar Gede, Solo, Rabu (22/1). (MP/Ismail)

Personel gabungan tersebut, kata Iwan, akan dibackup satu Satuan Setingkat Peleton (SST) Brimob atau 30 personel serta dari TNI. Jumlah personel yang diterjunkan tersebut kemungkinan masih bisa bertambah melihat situasi dan kondisi di lapangan.

"Kami ingin memberikan rasa aman kepada warga yang menikmati perayaan Tahun Baru Imlek," kata dia.

Perayaan malam Tahun Baru Imlek 2571 di Solo, kata dia, dipusatkan di kawasan Pasar Gede. Berbagai acara dan penggung hiburan akan ditampilkan untuk menghibur pengunjung yang hadir pada perayaan malam Tahun Baru Imlek.

"Aksi kriminalitas seperti copet menjadi hal yang perlu diwaspadahi anggota di lapangan. Personel juga mengantisipasi adanya warga yang pingsan akibat berdesak-desakan," paparnya.

Puncak Solo Imlek Festival akan berlangsung di Pasar Gede dengan maskot Shio Tikus
Maskot Solo Imlek Festival 2020 yakni Shio Tikus mulai tampak di Pasar Gede (MP/Ismail)

Ketua Panitia Bersama Imlek Solo, Sumartono Hadinoto mengatakan, untuk meramaikan perayaan Tahun Baru Imlek di Solo telah dipasang 5.000 lampion, 12 lampion shio, lampion dewa uang dan enam lampion maskot Shio Tikus.

"Puncak acara event Solo Imlek Festifal berlangsung pada Jumat malam. Puncak malam Tahun Baru Imlek 2571 tidak ada pesta kembang api. Kami ganti dengan atraksi dan penampilan liong barongsai dan panggung hiburan," pungkasnya.(*)

Baca Juga:

Lima Ribu Lampion Mulai Dinyalakan, Ribuan Warga Solo Membludak di Jalan Jenderal Sudirman

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Jelang Imlek, Ribuan Lampion Hiasi Pasar Gede Solo



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH