Puncak Arus Mudik Libur Natal dan Tahun Baru Diprediksi 24 Desember

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 22 Desember 2021
Puncak Arus Mudik Libur Natal dan Tahun Baru Diprediksi 24 Desember
Ilustrasi - Arus lalu lintas jalan Tol Jakarta-Cikampek. (ANTARA/Ali Khumaini)

MerahPutih.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah mengambil sejumlah langkah dalam rangka mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Persiapan tersebut antara lain pembentukan Satgas JM Siaga Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 serta Satgas JM Siaga Penanggulangan Kondisi Darurat.

Kemudian, Jasa Marga juga melakukan pengawasan pelaksanaan transportasi melalui Posko Pusat Natal dan Tahun Baru oleh Kementerian Perhubungan, melakukan identifikasi lokasi rawan kepadatan dan penanganannya, mengoptimalkan kapasitas lajur dan memastikan bahu jalan bersih dari gangguan kendaraan, menghentikan sementara pekerjaan konstruksi.

Baca Juga:

Puluhan Gereja di Kota Bogor Dijaga Ketat Aparat Keamanan Selama Perayaan Natal

Selain itu, dilakukan upaya kuratif dan preventif dalam mengantisipasi genangan di jalan tol, berkoordinasi dengan kepolisian dan Direktorat Jenderal Perhubungan untuk dalam pelaksanaan rekayasa lalu lintas dan pengaturan operasional angkutan barang.

Sementara itu, Jasamarga memperkirakan puncak arus mudik atau keluar Jabodetabek selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 akan terjadi pada Jumat, 24 Desember 2021.

"Sementara untuk arus baliknya setelah libur Tahun Baru 2022 akan terjadi di Minggu, 2 Januari 2022," ujar Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga Atika Dara Prahita dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Rabu (22/12), dikutip Antara.

Baca Juga:

Resmikan Gereja Immanuel sebagai Cagar Budaya, Anies: Bisa Dipakai Natal Tahun Ini

Menurut Atika, diperkirakan arus lalu lintas saat puncak arus mudik pada 24 Desember 2021 akan meningkat 34,5 persen dibandingkan arus arus lalu lintas normal pada November 2021.

Sedangkan prediksi arus lalu lintas saat puncak arus balik pada 2 Januari 2022 akan meningkat 26,5 persen dibandingkan arus lalu lintas normal pada November 2021.

Selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, kondisi kapasitas lajur di KM 48 sampai dengan KM 66 Tol Jakarta Cikampek diprediksi mencapai 1,01 pada puncak arus mudik 24 Desember 2021.

"Khususnya di KM 66 Tol Jakarta-Cikampek setelah pertemuan dari lajur tol layang Jakarta-Cikampek dan lajur bawah Tol Jakarta-Cikampek, memang sudah terjadi kepadatan di mana mayoritas pengendara melakukan perjalanan menuju arah timur," kata Atika.

Terkait kesiapan layanan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Jasa Marga berkoordinasi dengan kepolisian untuk pelaksanaan buka/tutup rest area.

Kemudian Jasa Marga juga menerapkan protokol kesehatan di rest area serta mengaplikasikan penggunaan PeduliLindungi, serta penyediaan lokasi Pos Pelayanan bersama Satgas COVID-19. (*)

Baca Juga:

Intip Kesiapan Bandara Supadio Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

#Arus Mudik #Libur Natal Dan Tahun Baru
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan